YouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 19:00 WIB
YouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari China Foto: YouTube Hamzy
Jakarta -

Perseteruan Korea Selatan dan China mengenai kimchi mempengaruhi YouTuber mukbang ini. Ia kehilangan 10 ribu subscriber usai diduga menyukai komentar netizen yang bilang kimchi bukan dari China.

Hamzy adalah YouTuber mukbang populer asal Korea Selatan yang memiliki sekitar 5,3 juta subscriber. Namun baru-baru ini ia kehilangan banyak subscriber gegara konten seputar kimchi.

Dikutip dari Indian Express (22/1), hal ini bermula saat Hamzy mukbang makanan Korea, bibimbap gurita. Ia menyantapnya dengan pelengkap kimchi putih.

Selanjutnya Hamzy diduga menyukai komentar seorang netizen yang mengatakan China keliru karena mengklaim kimchi adalah budaya mereka.

Dalam satu malam saja, content creator ini merasakan dampaknya. Ia kehilangan hingga 10 ribu subscriber!

YouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari ChinaYouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari China Foto: YouTube Hamzy

Tak hanya itu, kontrak Hamzy bersama agensi asal Shanghai yang menaunginya yaitu Suxian Advertising juga diputus.

"Kami tegas menentang tindakan apa pun yang menghina China dan tidak mengizinkan blogger asing yang menandatangani kontrak dengan kami untuk memiliki sikap atau komentar yang menghina China," ujar Suxian Advertising dalam pemberitahuan online.

Beberapa netizen China juga menuduh Hamzy membuat komentar anti-China dan menghina budaya mereka. Hamzy pun memberi respons segera.

Baca Juga: Viral Vlogger Mukbang yang Diduga Minta Pertolongan Lewat Videonya

Ia meminta maaf pada subscriber dan penontonnya di China. Hamzy juga mengatakan dirinya betul me-like komentar netizen yang bilang China keliru mengklaim kimchi, namun ia melakukannya tidak sengaja karena tidak melihat apa yang tertulis.

Ia juga berharap orang-orang akan memaafkannya, namun sepertinya banyak penggemar Hamzy di China masih tidak menyukainya.

YouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari ChinaYouTuber Kehilangan 10 Ribu Subscriber Usai Akui Kimchi Bukan dari China Foto: YouTube Hamzy

Kontroversi kimchi antara China dan Korea Selatan juga terjadi pada 9 Januari 2021. Saat itu YouTuber China, Li Ziqi mengunggah video dirinya membuat sayuran fermentasi mirip kimchi.

Ia lalu menambahkan tagar 'ChineseCuisine' dan 'ChineseFood' pada video tersebut. Hal ini memicu perdebatan di media sosial.

Fans Li Ziqi di Korea Selatan menuduhnya tidak menghormati budaya mereka. Sementara fansnya di China membela Li Ziqi.

Adapun permasalahan 'perebutan' kimchi antara Korea Selatan dan China dipicu oleh sertifikasi internasional ISO yang dimenangkan China.

China memiliki fermentasi sayuran serupa kimchi bernama pao cai. Namun sebenarnya keduanya berbeda.

Baca Juga: Kimchi dan Po Chai Picu Perseteruan Antara China dan Korea Selatan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com