Viral Vlogger Mukbang yang Diduga Minta Pertolongan Lewat Videonya

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Jan 2020 11:00 WIB
Foto: youtube
Jakarta - Maraknya vlogger mukbang kerap mengundang selera penontonnya. Tapi ada juga video mukbang yang justru mengundang kontroversi.

Seorang youtuber makanan asal Vietnam sempat membuat geger netizen. Wanita bernama Kate Yup yang kerap memamerkan aksi makannya, tiba-tiba menjadi perbincangan karena diduga meminta pertolongan lewat video makan yang ditampilkannya.

Dalam video ini Kate menunjukkan aksinya makan berbagai olahan seafood. Ia melahap gurita, ikan, kepiting dan udang. Semua makanan ini ia santap dengan gerakan cepat.
Viral Vlogger Mukbang yang Diduga Minta Pertolongan Lewat VideonyaFoto: youtube

Baca juga : Ada yang Lucu Sekaligus Mengerikan dari Video Mukbang Gagal Ini

Video makan wanita asal Vietnam ini kemudian membuat banyak netizen berspekulasi karena ia seolah menampilkan gerakan-gerakan aneh yang dianggap sebagai kode untuk meminta tolong. Kisah Kate Yup ini menjadi kontroversi setelah dibagikan oleh pengguna twitter @asianpipel.

Dalam video yang diunggah 21 Juni 2019 lalu, Kate Yup sukses menarik atensi netizen terutama netizen Vietnam. Banyak yang mengatakan kalau video ini menunjukkan kode-kode Kate sedang meminta pertolongan. Tak sedikit netizen yang kemudian berspekulasi kalau Kate sedang disiksa dan membuat video di bawah tekanan.

Awal spekulasi ini dimulai dari netizen yang menyoroti luka di bibir dan lengan Kate. Wanita berambut panjang ini juga disebut memiliki badan yang lebih kurus dibandingkan video-video sebelumnya.

Dari sini banyak yang mengatakan kalau Kate mendapat siksaan. Tak hanya itu, cara makan Kate yang cepat dan terlihat kelaparan juga dianggap sebagai tanda kalau Kate sengaja dibiarkan kelaparan sebelum membuat video mukbang.

Di kolom komentar video ini juga ada netizen yang mencoba membaca kode rahasia lewat tulisan yang ditampilkan. Salah satunya misalnya pada tulisan "I lOoOve SEAFOOD SO MUCH" yang jika dibaca huruf kapitalnya saja akan menjadi "I LOOSE A FOOD SO MUCH".
Viral Vlogger Mukbang yang Diduga Minta Pertolongan Lewat VideonyaFoto: youtube

Kemudian ada juga tulisan "The meat is So delicioOousS, soft and tender" yang jika dibaca kapitalnya saja kecuali huruf T menjadi SOS. Kode SOS dikenal sebagai sandi morse internasional untuk singkatan Save Our Souls.

Lebih lanjut lagi, gerakan Kate saat makan juga dijadikan alasan lain kalau Kate sedang meminta pertolongan. Tangan Kate yang bergerak-gerak disebut sedang menuliskan kode yang berarti "I NEED HELP."

Dari ribuan komentar yang masuk dalam videonya ini, kebanyakan orang menduga kalau Kate memang sedang membutuhkan pertolongan. Video yang sudah ditonton lebih dari 9,7 juta kali ini pun menjadi viral.

Baca juga : Ini 5 Mukbang Kontroversi yang Bikin Netizen Geram

Namun sang pemilik akun cepat-cepat melakukan klarifikasi. Kate menjelaskan kalau dirinya sedang tidak meminta pertolongan dan memastikan dirinya baik-baik saja.

"Ini bukan kode morse. Itu juga bahkan bukan cara kerja kode morse. Ini terlihat konyol, kalau ada penculik yang membiarkan saya mengedit video, ini tidak masuk akal," jelas Kate.

Meskipun sudah diunggah beberapa bulan lalu tapi kolom komentarnya masih saja dipenuhi ocehan netizen yang percaya kalau Kate sedang meminta pertolongan. Hingga kini ada lebih dari 59 ribu komentar yang membincangkan video mukbang Kate.



Simak Video "Ajak Mukbang Pekerja Bangunan, YouTuber Tanboy Kun Dipuji Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)