YouTuber Li Ziqi Menghilang, Diduga Ini Alasan Tak Unggah Video Lagi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Okt 2021 12:30 WIB
Hidup di Desa, YouTuber Li Ziqi Petik Buah hingga Bikin Mie Sendiri Foto: YouTube Li Ziqi
Jakarta -

YouTuber China, Li Ziqi sempat hebohkan publik karena menghilang. Ia tak terlihat mengunggah video baru setelah biasanya rutin mengunggah video sebulan sekali.

Li Ziqi adalah YouTuber terkenal asal China. Ia begitu populer dengan 16,2 juta subscribers. Kontennya menghibur sekaligus dirasa menyejukkan oleh banyak orang karena menampilkan kehidupan alami di sebuah wilayah pedesaan di Sichuan.

Kehidupan yang diperlihatkan Li Ziqi begitu tenang. Ia yang tinggal bersama neneknya juga sering kali menunjukkan momen masak tradisional. Kebanyakan bahan makanannya diambil langsung dari alam. Mulai dari buah, sayur, hingga daging hewan.

Tak jarang Li Ziqi menunjukkan kemampuannya mengolah hidangan dari awal. Seperti membuat mie sendiri hingga menjemur olahan daging. Hal-hal seperti inilah yang membuat konten Li Ziqi semakin digemari, bukan hanya oleh orang China, melainkan juga orang-orang dari banyak negara.

Sayangnya, Li Ziqi belakangan tak aktif mengunggah video YouTube. Unggahan terakhirnya terlihat 3 bulan lalu. Kabar 'menghilangnya' Li Ziqi inipun sempat menghebohkan publik.

Muncul banyak spekulasi atas hal ini, seperti Li Ziqi yang memang ingin rehat sejenak hingga dirinya tengah tersangkut masalah hukum. Namun sebenarnya apa yang terjadi?

Hidup di Desa, YouTuber Li Ziqi Petik Buah hingga Bikin Mie SendiriHidup di Desa, YouTuber Li Ziqi Petik Buah hingga Bikin Mie Sendiri Foto: YouTube Li Ziqi

Mengutip Goldthread (21/10/21), unggahan YouTube terakhir Li Ziqi pada Juli 2021 adalah tentang membuat garam. Kemudian sebulan kemudian, di media sosialnya ia terlihat sedang melapor ke polisi. Rumor soal ketidakbahagiaannya lantas semakin berkembang luas.

Ia sempat menulis komentar di media sosial yang berbunyi, "Perusahaan besar ternyata manipulatif." Netizen lantas mengaitkan komentar Li Ziqi tersebut dengan agensinya, Weinian.

Weinian dulunya menjadi rekan multi-channel network (MCN) untuk konten-konten Li Ziqi. Fungsi MCN adalah membantu konten kreator seperti dirinya untuk memiliki paparan lebih kuat di internet, lalu mengambil keuntungan dari hal itu.

Prinsipnya, semakin bagus video yang dibuat konten kreator, maka semakin banyak keuntungan yang bakal diperoleh MCN. Dan sebaliknya, ketika konten kreator berhenti mengunggah, maka MCN akan 'menderita' akibat kehilangan pemasukan.

Setelah setahun kerja sama, Weinian dan Li Ziqi putuskan membangun perusahaan baru pada tahun 2017. Weinian memiliki mayoritas saham. Salah satu agenda perusahaan baru tersebut adalah memperkenalkan berbagai merek produk Li Ziqi, kebanyakan berupa paket makanan.

Langkah mereka sukses hingga menguntungkan kedua belah pihak yaitu Weinian dan Li Ziqi. Mereka bahkan berhasil menjual lebih dari 1 juta paket makanan per bulan di tahun 2020, secara online.

Namun di media sosial, Li Ziqi sempat beberapa kali mengunggah soal ketidakbahagiaannya. Sang asisten juga bilang kalau Li Ziqi memiliki masalah dengan perusahaan pihak ketiga yang diduga sebagai Weinian.

Li Ziqi Menghilang, Ini 5 Fakta YouTuber yang Hidup di Desa dan Jago Masak IniLi Ziqi Menghilang, Ini 5 Fakta YouTuber yang Hidup di Desa dan Jago Masak Ini Foto: Instagram/cnliziqi

Sebulan kemudian, asisten Li Ziqi kembali mengunggah rumor soal ketidakbahagiaan di dalam tim YouTuber terkenal tersebut. Ia juga mengonfirmasi bahwa memang ada masalah di antara Li Ziqi dan Weinian. Namun menanggapi hal ini, Weinian menolak memberi komentar.

Kemudian pada bulan September, Li Ziqi muncul dalam wawancara bersama media Xinhua. Hanya saja ia tetap tak gamblang mengungkap alasannya berhenti mengunggah video di YouTube.

Dia bilang dirinya tak ingin setengah hati saat membuat video. Li Ziqi juga mengatakan butuh waktu untuk mengembangkan konten YouTube.

Terlepas dari itu, Li Ziqi sebenarnya masih aktif di media sosial. Ia aktif di Luzhou dimana dirinya mengunggah foto-foto kesehariannya seperti sedang merawat sang nenek atau pergi ke taman bermain. Namun belum ada kabar pasti soal kapan ia akan kembali ke YouTube.

Netizen pun ramai memberikan komentar atas hal ini. Mereka menduga bahwa Li Ziqi memang butuh istirahat dari rutinitas membuat konten video YouTube. Tak sedikit juga yang merasa sedih karena merasakan Li Ziqi punya masalah.



Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com