Ragam Soto Luar Jawa

Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy

Devi Setya - detikFood
Rabu, 24 Nov 2021 15:00 WIB
Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy
Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi

4. Tidak disajikan dengan nasi

Jangan mencari nasi ketika sedang menikmati soto Banjar karena hidangan ini disajikan dengan potongan ketupat. Ketupat bisa dihidangkan langsung dengan dicampur soto ataupun di pisah.

Soto Banjar juga dilengkapi dengan sambal dan perasan jeruk nipis sebagai penambah rasa. Yang istimewa, soto banjar selalu disajikan dengan telur bebek rebus yang lebih kenyal gurih daripada telur ayam. Di Kalimantan Selatan, soto ini biasa jadi santapan saat sarapan, makan siang maupun makan malam.

Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih CreamySoto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi


5. Hadir dalam momen istimewa


Sebagai salah satu makanan khas kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan, soto Banjar selalu hadir dalam momen istimewa. Seperti misalnya saat acara pernikahan atau saat upacara keagamaan.

Ketika hari raya Idul Fitri, masyarakat Banjar akan menghadirkan soto Banjar sebagai hidangan santapan keluarga. Tak harus ke Kalsel kalau mau mencoba menikmati soto Banjar, kamu bisa membuat soto Banjar yang gurih sedap dengan resep ini.



Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)