Ragam Soto Luar Jawa

Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy

Devi Setya - detikFood Rabu, 24 Nov 2021 15:00 WIB
Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi
FOKUS BERITA Ragam Soto Luar Jawa
Jakarta -

Soto Banjar merupakan sajian ikonik Kalimantan Selatan yang terkenal karena rasanya yang gurih. Soto berkuah agak keruh ini memakai ayam kampung dan telur bebek sebagai isiannya.

Semangkuk soto Banjar sekilas tampak mirip dengan ragam soto lainnya, terutama dari segi isian. Tetapi ada beberapa ciri khas yang membuat hidangan berkuah gurih ini lebih spesial.

Jika dirunut dari sejarahnya, tidak banyak yang tahu asal usul soto Banjar. Hidangan ini dibuat dengan resep turun temurun. Dilansir dari Kalselbar (24/11) soto Banjar disebut berasal dari tentara Demak yang membawa soto ini ke Kalimantan Selatan. Tetapi bagaimanapun sejarahnya, soto Banjar sukses membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya yang gurih berempah.

Soto Banjar disajikan dengan suwiran daging ayam kampung yang membuat rasanya semakin gurih. Dan berbeda dengan soto di Jawa yang disantap bersama nasi putih, soto Banjar dihidangkan dengan lontong atau ketupat.

Berikut beberapa fakta soal soto Banjar, sajian berkuah kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan:

1. Asal usul soto Banjar

Banyak orang mengatakan nama soto Banjar diambil dari suku Banjar yang mendiami sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan, yakni suku Banjar. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa soto Banjar awalnya adalah hidangan yang dibawa para tentara dari Demak ketika memberikan bantuan kepada Kerajaan Banjar.

Sampai saat ini belum ada catatan sejarah maupun prasasti yang menceritakan soal asal usul soto Banjar. Pun juga belum banyak referensi yang membahas soal sejarah soto Banjar.

Namun yang pasti, soto Banjar sudah disajikan secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu. Resepnya dibagikan sebagai warisan kuliner masyarakat Banjar. Yang membedakan soto Banjar dengan soto dari Jawa adalah tambahan rempah kering yang membuatnya semakin harum.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Ragam Soto Luar Jawa
FOKUS BERITA Ragam Soto Luar Jawa

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya