Peringati Hari Pahlawan, Ini 7 Makanan Surabaya yang Uenak Poll!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 10 Nov 2021 12:00 WIB
Resep Lontong Balap Surabaya Foto: detikfood/odilia

3. Pecel Semanggi

pecel semanggipecel semanggi Foto: Instagram @jajanansemarang

Ada beragam jenis pecel dengan ciri khas yang berbeda, seperti di Surabaya terkenal dengan pecel semanggi. Pecel ini terdiri dari daun semanggi, tauge, irisan kol yang direbus lalu disiram dengan sambal kacang yang gurih pedas.

Untuk menikmati pecel semanggi biasanya diberikan kerupuk gendar dan aneka sate. Seperti sate keong, sate telur dan usus.Seporsi pecel semanggi ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp 10.000 saja.

4. Sate Klopo

sate klopo ondomohensate klopo ondomohen Foto: detikFood

Surabaya juga memiliki hidangan sate nikmat bernama Sate Klopo. Terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang dimasak dengan kelapa parut, kemudian ditusuk dan dibakar di atas api arang.

Seperti sate pada umumnya, sate klopo juga disajikan dengan sambal kacang yang legit gurih. Diberikan juga irisan bawang merah dan cabe rawit utuh.

Salah satu gerai sate klopo populer di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen yang sudah eksis sejak tahun 1945. Satu porsinya bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp 20.000-an.

5. Lontong Balap

Resep Lontong Balap SurabayaResep Lontong Balap Surabaya Foto: detikfood/odilia

Di Surabaya kamu juga bisa menikmati lontong balap yang terkenal enaknya. Dinamakan lontong balap karena konon dulunya para penjual lontong yang memikul dagangannya berjalan beriringan dengan cepat seperti sedang balapan lari.

Kalau di kota lain, lontong biasanya disajikan dengan kuah santan atau sambal kacang. Nah, lontong balap agak unik karena menggunakan kuah bening yang gurih.

Lontong balap terdri dari potongan lontong, kacang-kacangan, tauge, singkong, tahu goreng, bawang goreng, dan bumbu petis. Salah satu yang terkenal adalah Lontong Balap Rajawali yang harga per porsinya sekitar Rp 20.000-an.

Baca Juga: Resep Gulai Ayam dan Rebung yang Gurih Pedas untuk Lauk Nasi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santapan Serba Rawon hingga Empal Gentong"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com