Kepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di Baliknya

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 09 Nov 2021 19:00 WIB
Kepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di Baliknya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Makanan mentah kini tengah diminati. Salah satunya adalah ganjang, olahan kepiting mentah dari Korea Selatan. Ternyata ada lima fakta menarik di balik kelezatannya.

Belakangan ini beberapa makanan tengah viral dan diminati oleh para pengguna media sosial. Banyak sekali unggahan tentang momen-momen saat netizen tengah mencicipi berbagai makanan yang unik dan membuat penasaran.

Mulai dari camilan, hidangan manis, hingga beberapa hidangan khas yang datang dari daerah tertentu. Salah satunya hidangan yang berasal dari kepiting mentah asal Korea Selatan.

Tidak melalui proses pemasakan, kepiting yang segar hanya akan difermentasi selama beberapa waktu. Bukannya dianggap menjijikan, hidangan ini justru berhasil membuat penasaran banyak orang di seluruh dunia.

Berikut ini 5 fakta menarik di balik hidangan kepiting mentah Korea yang lagi viral:

Kepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di BaliknyaKepiting Mentah Korea Lagi Viral, Ini 5 Fakta Menarik di Baliknya Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Bernama Ganjang Gejang

Olahan kepiting mentah asal Korea Selatan ini biasa disebut ganjang gejang atau gejeot yang dibuat dari olahan kepiting mentah yang masih sangat segar. Dimarinasi dalam saus kedelai atau ganjang membuat kepiting ini termasuk salah satu olahan fermentasi hewan laut yang juga bisa disajikan selain menggunakan kepiting sebagai bahan utamanya.

Ganjang gejang dibedakan jenisnya berdasarkan spesies kepiting yang digunakan serta tempat dimana ganjang gejang itu dibuat. Salah satu tempat yang dikenal sebagai produsen ganjang gejang terbaik di Korea Selatan berada di provinsi Jeolla. Di Provinsi Jeolla hidangan ini dikenal sebagai hidangan yang paling lezat dengan cita rasa umami yang khas yang tidak akan terdapat pada masakan tradisional lainnya.

Kepiting berjenis kkeotge atau kepiting kuda menjadi salah satu bahan dasar pembuatan gejang yang paling banyak diminati di Korea Selatan. Jenis kepiting ini bahkan sudah menjadi buruan di semenanjung Korea untuk diolah menjadi gejang sejak masa lampau. Hampir setiap harinya Semenanjung Korea akan dipenuhi para nelayan penangkap kepiting kkeotge untuk kemudian dijual dan diolah menjadi kkotgejang.

Baca juga: Demi Ngidam, Ibu Hamil Ini Nekat Makan Tiram Mentah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Masissda! Rekomendasi Kuliner Buat Pencinta Drakor"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com