Berani Coba? Salad Pedas di Thailand Ini Disajikan dengan Kepiting Hidup

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 10 Mei 2020 18:00 WIB
- Foto: Viral Press
Jakarta -

Selain menyantap telur semut, orang Thailand juga suka menyantap salad segar dengan topping kepiting mentah yang masih hidup dan merangkak di piring.

Som Tam merupakan salah satu hidangan tradisional khas Thailand berupa salad pedas dari pepaya dan sayuran lainnya. Salad pedas ini mirip seperti rujak atau asinan di Indonesia, karena disiram dengan kuah cabe yang pedas.

Baca Juga: Bukan Sayur, Petani Thailand Panen Telur Semut Untuk Dimakan

-- Foto: Viral Press

Namun yang berbeda terletak pada topping atau lauk pelengkap di hidangan salad ini. Lewat video berdurasi singkat yang diunggah Viral Press (10/05), terlihat seorang wanita bernama Nong Omyim yang merekam makanannya.

Saat itu ia tengah makan siang di rumahnya yang berada di wilayah Ubon Ratchathani, Thailand. Video itu menunjukkan piring besar berisi Som Tam dengan puluhan udang mentah dan kepiting kecil yang masih hidup di dalamnya.

Beberapa kepiting hidup ini bahkan ada yang merangkak keluar hingga lompat dari piring salah tersebut. Menurut Omyim, ia sengaja menggunakan kepiting air tawar untuk melengkapi hidangannya ini.

-- Foto: Viral Press

"Kami mengambil kepiting dan udang dari laut yang ada di dekat sini. Beberapa orang mungkin menganggap hidangan ini aneh, tapi sejak dulu orang-orang di sini memang menyantap Som Tam dengan seafood mentah, seperti kepiting hidup," jelas Omyim.

Video ini mendapatkan banyak reaksi yang beragam dari para netizen.

"Orang-orang Asia tepatnya Asia Tenggara hobi menyantap hewan yang masih hidup karena mereka pikir itu hal yang lucu," kritik seorang netizen.

"Jangan salahkan jika ada virus baru setelah virus Corona karena kebiasaan makan orang-orang ini," ujar netizen lainnya.

Baca Juga: Adu Ketangkasan! Lomba Parut Kelapa Tercepat Ini Jadi Hiburan di Thailand



Simak Video "Mencoba Thai Tea Kekinian, Murah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)