Nasi Rames Nusantara

5 Nasi Rames Nusantara Ini Identik Sebagai Makanan Rakyat Kecil

Riska Fitria - detikFood Minggu, 22 Agu 2021 08:00 WIB
5 Nasi Rames Nusantara Ini Identik Sebagai Makanan Rakyat Kecil Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa nasi rames khas Nusantara identik sebagai makanan rakyat kecil. Hal ini lantaran nasi rames menggunakan bahan-bahan yang murah dan porsinya sangat sedikit.

Indonesia memiliki berbagai varian nasi rames di daerah-daerahnya. Semua varian nasi rames tersebut memiliki sejarah dan kisahnya tersendiri.

Misalnya beberapa jenis nasi rames yang dikenal sebagai makanan orang miskin. Disebut demikian karena nasi rames tersebut sering dikonsumsi oleh masyarakat dari kalangan ekonomi bawah.

Biasanya nasi rames tersebut menggunakan bahan-bahan yang murah meriah. Selain itu, juga disajikan dalam porsi yang sedikit karena menyesuaikan kemampuan beli masyarakat.

Berikut 5 nasi rames nusantara yang identik sebagai makanan rakyat kecil:

1. Nasi Bekepor Kutai

5 Nasi Rames Nusantara Ini Identik Sebagai Makanan Rakyat Kecil5 Nasi Rames Nusantara Ini Identik Sebagai Makanan Rakyat Kecil Foto: Instagram @foodpict


Nasi bekepor Kutai merupakan nasi rames khas pulau Kalimantan. Sesuai dengan namanya, nasi bekepor Kutai sudah ada sejak zaman kerajaan Kutai. Bahkan dikenal sebagai makanan kerajaan.

Nasi bekepor merupakan nasi putih yang disajikan dengan telor, kacang panjang yang dilumuri sambal. Sementara untuk lauknya biasa menggunakan ikan asin.

Dulu, nasi bekepor memang dikenal sebagai makanan kerajaan. Namun kini, nasi rames ini justru identik sebagai makanan rakyat biasa karena penyajiannya yang sederhana.

Baca Juga: Nasi Bekepor, Warisan Kuliner Kutai Kartanegara yang Kini Jadi Ibu Kota Baru

2. Nasi Jamblang

5 Nasi Rames Nusantara Ini Identik Sebagai Makanan Rakyat Kecil5 Nasi Rames Nusantara Ini Identik Sebagai Makanan Rakyat Kecil Foto: detikcom

Nasi jamblang juga erat dikenal sebagai makanan rakyat kecil. Nasi jamblang merupakan jenis nasi rames yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, nasi jamblang pertama diciptakan oleh masyarakat yang tinggal di desa Jamblang. Isiannya berupa nasi putih dengan sayur tahu, paru, semur hati atau daging.

Selain itu juga disajikan aneka lauk lainnya seperti semur ikan, ikan asin, telur, perkedel dan sambal. Biasanya nasi rame ini dibungkus menggunakan daun pisang atau daun jati.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com