Nasi Nusantara Autentik

5 Fakta Nasi Tutug Oncom, Makanan Rakyat yang Naik Kelas

Riska Fitria - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 06:00 WIB
Fakta tentang nasi tutug oncom Fakta tentang nasi tutug oncom Foto: iStock
Jakarta -

Sarapan nasi tutug oncom memang sedap. Dibalik kelezatannya, nasi tutug oncom menyimpan fakta menarik, mulai dari sejarah hingga pelabelan sebagai makanan rakyat.

Kebanyakan orang Indonesia sarapan dengan nasi dan lauk. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki olahan nasi dengan keunikan masing-masing. Seperti nasi tutug oncom yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sebelum populer seperti sekarang, dulu nasi tutug oncom dikenal sebagai makanan orang miskin. Itu karena harganya yang murah dan proses pembuatannya yang sederhana. Hanya memanfaatkan oncom dan nasi sudah bisa jadi hidangan lezat.

Selain itu, nasi tutug oncom disajikan dengan berbagai pilihan lauk pauk lainnya, mulai dari ayam, sambal hingga lalapan. Kini olahan nasi itu telah naik derajat dan jadi menu sarapan favorit.

Berikut 5 fakta menarik tentang nasi tutug oncom.

1. Asal-usul Nasi Tutug Oncom?

Fakta tentang nasi tutug oncomFakta tentang nasi tutug oncom Foto: iStock

Nasi tutug oncom merupakan hidangan berupa nasi hangat yang dicampur dengan oncom bakar, telur dadar, sambal terasi, lalapan, ikan asin dan taburan bawang goreng. Nasi tutug oncom berasal dari Jawa Barat, tepatnya dari Tasikmalaya.

Mengenai asal usulnya, olahan nasi yang satu ini belum diketahui pasti. Namun, nasi tutug oncom selalu disajikan sejak turun temurun. Bahkan nasi tutug oncom ini sudah menjadi makanan yang wajib bagi orang Sunda sejak zaman dahulu.

Sejak tahun 1904, olahan nasi nusantara ini selalu dijadikan sebagai menu sarapan. Pada saat itu, awalnya oncom hanya dibakar dan ditambah garam sebagai bumbu. Oncom itu kemudian jadi lauk saat makan nasi hangat.

Makan oncom bakar saat itu selalu ditemani dengan secangkir teh tanpa gula. Makan oncom sudah menjadi kebiasaan orang Sunda. Itu karena rasanya yang gurih dan harganya yang murah meriah.

Baca Juga : Lagi di Tasik? Kamu Wajib Cicip Mie Baso hingga Nasi Tutug Oncom di Sini

2. Dikenal Sebagai Makanan Orang Miskin

Fakta tentang nasi tutug oncomFakta tentang nasi tutug oncom Foto: iStock

Dulu, orang-orang yang hidup dengan ekonomi terbawah selalu mengandalkan nasi tutug oncom sebagai makanan keseharian mereka. Itu karena harganya yang murah dan cara membuatnya yang sederhana. Maka tak heran nasi ini disebut sebagai makanan orang miskin.

Mengingat dulu pada masa orde lama, harga bahan-bahan makanan seperti beras dan minyak sangat mahal. Namun, semakin berjalannya waktu nasi tutug oncom banyak dikenal masyarakat. Karena rasanya yang enak, hidangan ini banyak disukai semua orang.

Sejak saat itulah, nasi tutug oncom tidak lagi dikenal sebagai makanan orang miskin. Semua kalangan masyarakat dapat mengonsumsi nasi tutug oncom kapanpun tanpa memberikan kesan 'kesusahan'. Bahkan nasi tutug oncom kini banyak ditawarkan di rumah-rumah makan di Tasikmalaya.

3. Asal Nama 'Tutug' pada Nasi Tutug Oncom

Fakta tentang nasi tutug oncomFakta tentang nasi tutug oncom Foto: iStock

Nasi tutug oncom memiliki sejarah menarik dibalik kata 'tutug' yang digunakan untuk menamai hidangan nasi tersebut. Kata 'tutug' tersebut berasal dari bahasa Sunda yang artinya tumbuk. Kata itu diambil dari proses pembuatan nasi tutug oncom.

Saat membuat nasi tutug oncom, oncom bakar lebih dulu ditumbuk. Setelah itu, baru dicampur dengan nasi. Campuran oncom dan nasi itu dicampur hingga semuanya menyatu. Sebenarnya bukan hanya oncom saja yang dijadikan pelengkap nasi tutug.

Ada banyak aneka makanan yang dijadikan sebagai lauk. Selain yang disebutkan sebelum, makan nasi tutug oncom juga dilengkapi dengan rengginang atau rempeyek yang ditumbuk kasar. Nasi tutug oncom juga sering disebut dengan singkatan TO.

4. Resep Nasi Tutug Oncom

Fakta tentang nasi tutug oncomFakta tentang nasi tutug oncom Foto: iStock

Bahan :
1 kotak oncom
Nasi

Bumbu :
2 Batang daun bawang yang diiris tipis
2 sdm minyak goreng
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 butir kencur
1 sdt gula pasir
1 sdt bumbu penyedap

Cara membuat :

1. Tumbuk oncom hingga agak halus
2. Tumis bumbu hingga harum
3. Masukan oncom yang sudah dihaluskan ke tumisan bumbu
4. Campur nasi putih ke dalam tumisan, aduk hingga matang
5. Sajikan nasi tutug oncom dengan berbagai pilihan lauk

5. Rekomendasi Tempat Beli Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom untuk sarapannasi tutug oncom untuk sarapan Foto: Instagram

Nasi tutug oncom, nasi yang dulunya dikenal sebagai makanan orang miskin kini berubah menjadi makanan elit. Banyak rumah makan hingga restoran yang menawarkan hidangan khas Tasikmalaya ini. Di kawasan Jakarta dan sekitarnya juga ada.

Pertama restoran bernama Nasi Tutug Oncom Pamulang yang menawarkan nasi tutug oncom polos atau nasi tutug oncom goreng. Lauknya terdiri dari telur dadar, tempe bacem, ayam goreng, kerupuk hingga sambal.

Kemudian ada Pondok Geulis yang berada di kawasan Pasar Minggu. Restoran ini menawarkan paket nasi tutug oncom dengan pilihan lauk ayam goreng, tahu tempe, sambal dan lalapan.

Selain itu juga ada restoran bernama Jambal Roti dan Opah Mami yang masih berada di kawasan Jakarta Selatan. Selain itu nasi tutug oncom, rumah makan tersebut juga menawarkan makanan Sunda lainnya.

Baca Juga : Nasi Tutug Oncom yang Gurih Sedap Ada di 4 Tempat Ini



Simak Video "Hangat Nikmat Nasi Oncom TO Benhil yang Legendaris di Tasikmalaya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)