30 Resep Daging Kambing dan Sapi Idul Adha

5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing

Riska Fitria - detikFood Minggu, 18 Jul 2021 13:00 WIB
5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing Foto: iStock/detikFood

3. Gorengan Kambing

5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing Foto: iStock/detikFood

Bosan dengan olahan sate? kamu dapat mengolah daging kambing menjadi gorengan kambing. Olahan daging yang cocok disajikan saat Idul Adha ini merupakan kuliner yang berasal dari Betawi.

Hidangan gorengan kambing ini merupakan campuran antara gulai dan semur. Gorengan kambing ini disajikan di dalam kuah gurih manis berwarna kuning pekat. Biasanya isiannya dilengkapi dengan jeroan.

Biasanya gorengan kambing ini disantap dengan nasi ulam atau nasi uduk. Atau ada juga yang menyantapnya dengan semur jengkol. Untuk mengurangi aroma prengus, daging harus dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu selama 1 jam.

Baca Juga: Nikmatnya Gorengan Kambing dengan Nasi Ulam Khas Betawi

4. Krengsengan

5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing Foto: iStock/detikFood

Jawa Timur dikenal dengan olahan daging krengsengan saat Idul Adha. Kresengan ini terbuat dari daging sapi yang kemudian diracik dengan bumbu yang pekat. Cita rasanya adalah gurih dan manis.

Meski begitu, tetapi ada beberapa orang yang menambahkan cabai utuh ke dalam krengsengan. Untuk bumbunya, krengsengan menggunakan petis udang yang beraroma.

Olahan daging yang satu ini biasanya jadi inspirasi di saat Idul Adha. Kresengan memang paling cocok disantap pakai nasi putih yang hangat.

Baca Juga: Resep Krengsengan Daging Sapi yang Manis Gurih

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com