5 Kasus 'Penistaan' Seblak hingga Bubur Ayam yang Bikin Netizen Resah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 28 Jun 2021 18:00 WIB
Mantap! 5 Bubur Ayam Enak yang Wajib Dicoba di Bogor Foto: detikfood
Jakarta -

Kasus 'penistaan' makanan ini membuat netizen resah. Ada yang menyangkut seblak, ayam geprek, hingga bubur ayam. Begini ceritanya!

Ketika seseorang memasak makanan atau mengonsumsinya tidak seperti yang seharusnya, tindakan ini sering disebut 'penistaan' terhadap makanan. Ada banyak kasus 'penistaan' makanan yang ditemui sekarang.

Netizen Twitter dengan akun @Nomenkrotus (27/6) membuat thread soal hal ini. Ia menyebut, "Mulai dari penistaan ayam geprek yg cuma dioles sambel, trus pecel lele yang gk ada pecelnya sama skali, seblak diguyur, bakso tusuk padahal cilok, apalagi? Baru nemu itu, tolong kasih paham."

Netizen kemudian banyak yang membalas thread ini dengan penistaan makanan menurut mereka. Misalnya saja rawon berkuah kuning dan bubur ayam yang cara makannya banyak dimodifikasi.

Melihat hal ini, banyak netizen menjadi sangat resah karena makanan tersebut dimasak atau dimakan tidak seperti seharusnya. Berikut 5 kasus 'penistaan' makanan yang membuat netizen bertanya-tanya:

1. Ayam geprek hanya dioles sambal

Ayam geprek kini sangat populer di Jakarta. Olahan ayam goreng yang digeprek dengan lumuran sambal ini aslinya dari Yogyakarta. Konon Warung Makan Bu Rum adalah pelopor ayam geprek. Namun kini dalam penyajiannya, ayam geprek banyak mendapat 'penistaan'.

Pasalnya ayam geprek tidak disajikan seperti seharusnya. Misalnya sambal yang hanya dioles di permukaan ayam, padahal harusnya sambal tersebut melumuri seluruh bagian ayam yang sudah digeprek di atas cobek.

Ada juga tempat makan yang menyajikan ayam geprek tapi ayamnya tidak digeprek atau diremukkan. Hal ini membuat netizen resah karena menyalahi 'pakem' ayam geprek yang utama. Lebih parah lagi, ayam geprek pernah 'dinistakan' karena diberi paduan Oreo dan susu kental manis!

Baca Juga: Kreasi Baru, Ayam Geprek Oreo dan Krim Kental Manis!

2. Seblak diguyur

5 Kasus 'Penistaan' Seblak hingga Bubur Ayam yang Bikin Netizen Resah5 Kasus 'Penistaan' Seblak hingga Bubur Ayam yang Bikin Netizen Resah Foto: TikTok jktfoodseeker

Pencinta makanan pedas pasti sudah tak asing dengan seblak. Jajanan khas Bandung ini terbuat dari kerupuk yang direbus bersama bumbu gurih pedas hingga lembek. Seblak kemudian dipadukan bersama topping dan pelengkap lain.

Ada seblak yang ditambahkan bakso, sosis, ceker, tulang muda, mie, kwetiau, dan banyak lainnya. Ciri khas seblak asli Bandung ialah memakai kencur yang banyak sehingga aroma dan rasanya khas.

Untuk memasak seblak, kerupuk dan topping seblak lain harusnya dimasak jadi satu bersama kuah, namun ada penjual seblak hits di Jakarta yang tidak melakukan hal ini. Pihaknya malah mengguyur kuah seblak ke atas kerupuk yang sudah direbus lebih dulu. Netizen pencinta seblak pun menganggap hal ini sebagai 'penistaan'.

Baca Juga: 5 Seblak Paling Enak di Bandung, Ada yang Jualan di Gang Sempit!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ide Awal Munculnya Taman Piknik di Museum Satria Mandala"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com