Netizen Debat Sengit Soal Rawon Warteg Berkuah Kuning

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Sep 2020 10:30 WIB
Rawon warteg berkuah kuning Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Rawon identik dengan kuah hitam, namun rawon warteg justru berkuah kuning mirip gulai. Hal ini jadi kontroversi netizen warga Twitter.

Menyebut rawon pasti banyak orang langsung terbayang hidangan berkuah hitam khas Surabaya. Kuahnya hitam karena menggunakan keluak dengan pelengkap tauge pendek, sambal terasi, telur asin dan kerupuk udang. Tapi tampilan rawon seperti ini tidak akan kamu temui di warung Tegal (warteg).

Hampir semua warteg di Jakarta menyajikan rawon berkuah kuning. Orang-orang lantas menyebutnya sebagai rawon warteg. Menu ini jadi salah satu menu populer yang dicari pengunjung. Apalagi harganya juga terjangkau.

Tapi baru-baru ini perbedaan versi rawon warteg dengan rawon Surabaya jadi perdebatan seru di Twitter. Hal ini bermula dari unggahan Masak TV yang menayangkan langkah pembuatan rawon warteg. Pegiat kuliner Arie Parikesit menyoroti penamaan rawon warteg.

Seperti apa fakta-fakta seputar rawon dan rawon warteg yang jadi perbincangan di Twitter? Berikut detikFood rangkum informasinya:

1. Unggahan Masak TV soal resep rawon warteg

Rawon warteg berkuah kuningRawon warteg berkuah kuning Foto: Twitter Arie Parikesit/Masak TV

Pada 7 September 2020, akun Twitter MasakTV menayangkan resep rawon warteg. Keterangannya, "Makanan favorit kita semua nih kalo ke Warteg, Rawon yang ada di Warteg kini bisa kalian buat di rumah juga!⁣⁣⁣" Tampak video 1 menit menunjukkan proses singkat pembuatan rawon versi warteg.

Bahan-bahannya antara lain minyak, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, cengkeh, kapulaga, kembang lawang, kayu manis, dan kunyit bubuk. Semua bahan tersebut dihaluskan jadi satu lalu dimasak bersama daging. Ada tetelan dan sandung lamur sebagai isiannya.

Kuahnya diberi gula Jawa dan santan. Ada juga penambahan garam dan gula untuk mengoreksi rasa. Terlihat rawon warteg ini berkuah kuning kental, bukan hitam seperti rawon yang umum dikenal sebagai makanan khas Surabaya.

Baca Juga: Resep Daging: Rawon

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santapan Serba Rawon hingga Empal Gentong"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com