Kreasi Baru, Ayam Geprek Oreo dan Krim Kental Manis!

Riska Fitria - detikFood Senin, 17 Feb 2020 18:30 WIB
ayam geprek pakai oreo Ayam geprek campur oreo dan krim kental manis Foto: Ayam Geprek Dek Lastri
Jakarta -

Ayam geprek kebanyakan saat ini disebut tidak sesuai pakem karena digeprek tidak sampai hancur. Kini, justru viral ayam geprek nyeleneh campur oreo dan krim kental manis.

Sesuai namanya, ayam geprek merupakan makanan berupa ayam goreng tepung khas Indonesia yang digeprek menggunakan ulekan. Kemudian, ayam yang sudah digeprek tersebut dilumuri sambal pedas.

Ayam geprek awalnya berasal dari Yogyakarta. Di sana terdapat warung makan bernama Warung Makan Bu Rum yang disebut sebagai pelopor ayam geprek. Semenjak itu banyak bermunculan warung-warung makan lainnya yang juga menawarkan menu ayam geprek.

Kreasi Baru, Ayam Geprek Oreo dan Krim Kental Manis!Ayam geprek campur oreo dan krim kental manis Foto: Ayam Geprek Dek Lastri

Sesuai dengan pelopornya, ayam goreng tepung digeprek sampai benar-benar hancur, baru dilumuri sambal pedas. Namun, kebanyakan ayam geprek saat ini justru hanya digeprek sekali saja, sehingga tidak membuat ayamnya menjadi hancur. Itu membuat pencinta ayam geprek dibuat tidak sesuai pakemnya.

Di samping itu, ayam geprek kini juga banyak dikreasikan dengan berbagai cara. Seperti yang tengah viral saat itu, yaitu ayam geprek campur oreo dan krim kental manis. Ayam geprek nyeleneh tersebut disajikan oleh sebuah warung ayam geprek di Tegal yang terkenal dengan nama Ayam Geprek Dek Lastri.

Viralnya ayam geprek campur oreo dan krim kental manis itu berawal dari sebuah video TikTok milik warung makan itu sendiri yang memperlihatkan bagaimana ayam geprek tersebut disajikan.

Kreasi Baru, Ayam Geprek Oreo dan Krim Kental Manis!Ayam geprek campur oreo dan krim kental manis Foto: Ayam Geprek Dek Lastri

Baca Juga : Netizen Sebut Ayam Geprek di Luar Yogyakarta Tidak Sesuai Pakem, Ini Sebabnya

Pertama, dalam sebuah wadah disajikan nasi dengan taburan bawang goreng. Kemudian, Ayam di atas cobek ayam goreng tepung digeprek bersamaan dengan campuran dua biskuit oreo sampai benar-benar hancur. Setelah itu ayam geprek tersebut ditambah dengan krim kental manis.

Video ayam geprek nyeleneh tersebut kemudian menjadi viral di media sosial, setelah diunggah oleh akun @doofensmrtz. Sayangnya inovasi tersebut banyak disebut oleh netizen sebagai penistaan makanan. Campuran ayam geprek yang gurih dengan biskuit oreo dan krim kental manis adalah perpaduan yang tidak cocok.

Kepada detikcom(17/04), Abid sang pemilik warung ayam geprek tersebut membenarkan bahwa ayam geprek campur oreo dan krim kental manis tersebut merupakan menu terbaru yang dikeluarkan di Ayam Geprek Dek Lastri.

Kreasi Baru, Ayam Geprek Oreo dan Krim Kental Manis!Ayam geprek campur oreo dan krim kental manis Foto: Ayam Geprek Dek Lastri

"Jadi menu geprek X oreo itu awalnya coba-coba aja. Soalnya kan lagi jaman collab yang lintas bisnis gitu. Nah kebetulan oreo itu ada di menu minuman Ayam Geprek Dek Lastri. Jadi aku muncul ide gabungan ayam geprek sama oreo. Walaupun ga nyambung, tapi nyatanya orang sekarang suka sama yang gak nyambung. Kaya makan kentang mcd pakai ice cream dan sebagainya," ujar Abid kepada detikcom.

Lebih lanjut, Abid juga menjelaskan bahwa menu ayam geprek oreo tersebut tidak dimasukkan ke dalam menu warung makannya. Itu karena pada saat itu mereka masih melakukan trial and error untuk mengetahui respon dari masyarakat.

"Dan hasilnya diputusin karena responnya lebih banyak yang gak suka, yaudah jadi Manajemen pilih gak masukkin menu itu ke menu Ayam Geprek Dek Lastri," ujar Abid.

Kreasi Baru, Ayam Geprek Oreo dan Krim Kental Manis!Ayam geprek campur oreo dan krim kental manis Foto: Ayam Geprek Dek Lastri

Selain ayam geprek campur oreo dan krim kental manis, ternyata Warung Ayam Geprek Dek Lastri punya kreasi ayam geprek nyeleneh lainnya. Yaitu ayam geprek dengan campuran boba. Ayam geprek tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen.

"Sebuah penistaan ayam geprek ini! Aku sebagai peninta ayam geprek garis keras tidak terima," tulis netizen @scrjungxx.

"Dalam dunia kuliner banyak yang bisa di explorasi, tapi ada bahan yang ga bisa ditabrak atau menyatu. Contohnya, keju sama terasi, atau ini, ayam sama biskuit tambah susu lagi," tulis @retorolawas.

Baca Juga : Punya Uang Rp 15 Ribu Bisa Makan Ayam Geprek Di Sini



Simak Video "Kreasi Cantik Ayam Geprek dan Nasi Gurih Bunga Telang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)