7 Makanan Penangkal Virus dan Bakteri Penyebab Infeksi

Devi Setya - detikFood Senin, 28 Jun 2021 07:00 WIB
Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

2. Jahe


Jahe adalah tumbuhan rimpang yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe memiliki sifat antibakteri dan merupakan antibiotik kuat yang membantu tubuh melawan pilek atau masalah pada sistem pernapasan.

Jahe juga punya rasa pedas segar yang membuat tubuh merasakan sensasi hangat. Jika hidung tersumbat karena jumlah lendir yang berlebih, konsumsi jahe bisa jadi solusi untuk meredakannya.

Jahe bisa dinikmati sebagai campuran minuman ataupun dijadikan bumbu masakan. Di Indonesia, jahe populer diolah sebagai wedang yang ampuh mengusir masuk angin dan berbagai masalah kesehatan lain.

3. Yoghurt

Plain Greek Yogurt in a Bowl for Breakfast7 Makanan Penangkal Virus dan Bakteri Penyebab Infeksi Foto: iStock


Produk susu ini mengandung bakteri "baik" yang disebut probiotik. Bakteri ini yang mampu melawan dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur atau bakteri jahat. Biasanya orang yang terinfeksi bakteri mengalami ketidakseimbangan jumlah bakteri baik dalam tubuh.

Makan yoghurt saat sarapan atau sebagai camilan siang bisa membantu menstabilkan sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan sehat maka sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat dan mampu menangkal hadirnya virus dan bakteri. Pastikan kamu menyantap yogurt alami tanpa tambahan gula.

4. Kayu Manis

Kamu suka minum teh dengan tambahan kayu manis? Lanjutkan kebiasaan baik ini karena kayu manis punya segudang manfaat kesehatan, termasuk menangkal virus dan bakteri dalam tubuh.

Kayu manis yang punya aroma khas ini mengandung antioksidan dalam jumlah besar. Selain itu, kayu manis juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium. Sejumput kayu manis bubuk sehari sangat cukup untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kayu manis yang dikonsumsi secara rutin juga mampu berperan sebagai anti jamur, anti virus dan bakteri. Kayu manis bahkan direkomendasikan untuk mengobati penyakit radang seperti radang sendi, rematik atau diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com