Keren! Petani Milenial Ini Raup Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen Cabai

Devi Setya - detikFood Minggu, 27 Jun 2021 10:00 WIB
Keren! Petani Milenial Ini Raup Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen Cabai Foto: youtube Mitra Bertani
Jakarta -

Di saat banyak milenial mencoba berkarir di kantor, Pulong justru tertarik menjadi petani. Pria 25 tahun lulusan UGM ini bisa meraup omzet hingga 70 juta dalam sekali panen cabai. Keren!


Sekilas pria berkacamata ini tampak seperti anak muda biasa, bahkan terkesan sederhana. Tapi siapa sangka, ia adalah petani milenial yang penghasilannya puluhan juta rupiah.

Pulong terbilang milenial, usianya baru 25 tahun. Ia menyelesaikan studinya di Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Lepas lulus kuliah, Pulong tak mencari pekerjaan karena ia langsung terjun menjadi petani.

Keren! Petani Milenial Ini Raup Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen CabaiKeren! Petani Milenial Ini Raup Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen Cabai Foto: youtube Mitra Bertani

Kebun cabai di kawasan Sawangan, Magelang, Yogyakarta menjadi tempatnya berkegiatan setiap hari. Ya, Pulong adalah petani cabai.

Lewat tayangan youtube Mitra Bertani, Pulong berbagi cerita soal kebun cabainya. Lulusan tahun 2019 ini membeberkan seluk beluk cabai yang ditanamnya ini.

Diakui Pulong, kebun cabainya ini terbilang baru karena baru mengalami 20 masa panen. Namun sekali panen jumlahnya tak tanggung-tanggung. Pulong bisa mengantongi omzet hingga Rp 70 juta dalam sekali panen.

Jenis cabai rawit yang ditanamnya ini menghasilkan buah 5 kuintal hingga hampir 1 ton dalam sekali panen. "Kalau hasil nggak tentu jumlahnya. Pernah 5 kuintal, kemarin pernah juga hampir satu ton," kata Pulong sambil tersenyum.

Tentu ada kerja keras di balik keberhasilannya. Cabainya tak serta merta menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas. Pulong menerapkan ilmu yang didapatnya semasa kuliah.

Untuk pupuk yang digunakan di kebunnya ini, Pulong mengandalkan pupuk kandang dari kotoran kambing. Selain itu ia juga rutin memberikan vitamin pada tanamannya agar tetap subur dan terbebas dari segala penyakit tanaman.

Tentu banyak fase suka duka yang dialami Pulong tapi ia sedikit demi sedikit bisa menghadapinya. Termasuk saat harga cabai anjlok.

Kepada generasi milenial, Pulong berpesan agar tidak gengsi menjadi petani.

Keren! Petani Milenial Ini Raup Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen CabaiKeren! Petani Milenial Ini Raup Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen Cabai Foto: youtube Mitra Bertani

"Kepada teman-teman generasi saya yang mau jadi petani, sudah jadi petani atau baru berniat jadi petani. Jadi petani itu memang berat tapi di sisi lain, petani itu yang menyediakan pangan bagi kita semua. Jadi siapa lagi kalau bukan kita yang generasi muda. Masa nanti kita kebutuhannya import, jangan," beber Pulong.

Melihat semangat Pulong menjadi petani sukses, ribuan komentar pun ditujukan padanya. Banyak yang memuji Pulong, dan tak sedikit yang ingin belajar lebih lanjut soal menanam cabai.

"Ini baru benar. Jangan jadi sarjana hanya berharap jadi PNS, tapi berkaryalah sesuai bidang ilmu yang ditekuni. Salut buat mas bro," puji netizen.

"Mantap. Ini baru milenial pahlawan Indonesia. Sukses ya mas semoga barokah untuk keluarga," kata netizen lainnya.



Simak Video "KuTips: Tips Menyimpan Cabai Agar Tak Cepat Busuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com