Apakah Telur, Buah, dan Daging Mentah Perlu Dicuci? Ini Panduannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 22 Jun 2021 13:00 WIB
Apakah Telur, Buah, dan Daging Mentah Perlu Dicuci? Ini Panduannya Foto: Getty Images/Juanmonino

3. Buah berkulit

Buah berkulit seperti jeruk, melon, dan alpukat sering kali tidak dicuci karena orang beranggapan kulit adalah pelindung sehingga bagian daging buah akan tetap terjaga kualitasnya meski tidak dicuci. Anggapan ini nyatanya kurang tepat.

Buah berkulit tetap perlu dicuci karena saat dikupas, bukan tidak mungkin nantinya bakteri atau kotoran dari kulit mencemari daging buah. Kalau bisa, sedikit gosok buah berkulit dan membilasnya. Cara lain adalah merendamnya sebentar dalam air panas untuk menghilangkan lapisan lilin yang mungkin ditambahkan produsen buah.

4. Sayur salad

Apakah Telur, Buah, dan Daging Mentah Perlu Dicuci? Ini PanduannyaApakah Telur, Buah, dan Daging Mentah Perlu Dicuci? Ini Panduannya Foto: Getty Images/Juanmonino

Pelaku hidup sehat pasti tak asing dengan produk ini. Di supermarket kini banyak dijual salad sayur kemasan siap santap. Biasanya tertulis kalau sayuran ini tidak perlu dicuci, namun benarkah?

Sebenarnya boleh saja kalau kamu ingin langsung memakannya, tapi kalau kamu khawatir dengan kandungan kimia dari larutan pencuci makanan yang dipakai produsen, kamu boleh mencucinya lagi. Rendam sebentar sayuran ini dalam air dingin sehingga mineralnya terjaga. Setelah itu keringkan segera.

5. Daging ayam dan sapi mentah

Bagaimana dengan daging ayam dan sapi? Perlukah dicuci? Jawabannya adalah tidak. Jika kondisi daging terlihat baik dan tidak ada benda mencurigakan meskipun daging agak berlendir, tidak usah mencucinya.

Pasalnya proses memasak bisa menghilangkan bakteri pada daging. Ketika kamu mencuci daging mentah, yang terjadi adalah penyebaran bakteri lewat tangan dan cipratan air bekas mencucinya. Bukan tidak mungkin bakteri ini menyebar ke seluruh bagian dapur atau mengontaminasi makanan lain. Menurut AVA Singapura, daging mentah juga tidak perlu dibilas dengan air mengalir dan garam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com