Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 08:00 WIB
Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorika
Jakarta -

Cara membersihkan blender ini sangat berguna untuk kamu yang sehari-hari sibuk di dapur. Hanya butuh 30 detik, blender bisa bersih kembali dari sisa-sisa makanan.

Kehadiran blender di dapur sangat memudahkan proses memasak dan meracik makanan. Blender bisa menghaluskan beragam bahan makanan, mulai dari, buah, sayur, cabai, hingga bumbu dapur lainnya.

Sayangnya blender tergolong alat dapur yang sulit dibersihkan. Hal ini karena blender memiliki mata pisau tajam yang tidak bisa dicuci sembarangan dengan tangan telanjang karena bisa membahayakan keselamatan.

Baca Juga: Bersihkan Alat Dapur Jadi Mudah dengan 5 Bahan Makanan Ini

Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk!Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorika

Meski begitu, ada cara membersihkan blender yang mudah dan praktis. Cara ini bahkan hanya butuh waktu 30 detik karena kamu tak perlu melepasi bagian-bagian blender.

Dikutip dari The Kitchn (7/6), cara membersihkan blender praktis ini hanya membutuhkan dua bahan yaitu air panas dan sabun cair pencuci piring. Pertama, isi blender dengan air panas sampai setengah bagian.

Selanjutnya masukkan beberapa tetes sabun cair pencuci piring. Taruh blender di motornya dan nyalakan seperti biasa selama 10 detik. Jangan lupa tahan tutupnya dengan menaruh handuk di atasnya.

Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk!Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorika

Setelah itu keluarkan air dan bilas sampai bersih. Bilas kembali menggunakan air hangat. Blender pun akan kembali bersih dari sisa-sisa makanan yang menempel.

Baca Juga: Supaya Tak Malas, Ini 5 Tips Bersihkan Alat Dapur Setelah Masak

Jika noda-noda membandel pada blender belum bersih sempurna, kamu bisa memanfaatkan paduan bahan pembersih alami. Berikut beberapa di antaranya:

- Soda Kue dan Lemon
Peras 1 buah lemon dan campur dengan 2 sdm soda kue dan segelas air. Masukkan ke dalam tabung blender. Putar blender dengan kecepatan tinggi selama 30 detik. Angkat tabung blender dan gosok bagian dalamnya dengan spons halus, bilas dan keringkan.

Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk!Cara Membersihkan Blender Hanya dalam 30 Detik, Coba Yuk! Foto: Getty Images/iStockphoto/Viorika

- Soda Kue dan Cuka
Tuang ¾ gelas cuka putih, ¼ cup soda kue, dan sedikit air. Blender dengan kecepatan tinggi selama 30 detik. Angkat tabung, bersihkan bagian dalam dengan spons halus, bilas dan keringkan.

- Deterjen cuci piring
Tuang beberapa sendok makan bubuk deterjen dan isi tabung dengan air panas hingga hampir penuh. Biarkan beberapa jam dan buang sebagian besar isinya. Gosok dengan spons halus, bilas dan keringkan blender.

Baca Juga: Blender Kusam dan Bau? Bersihkan dengan Cara Praktis Ini

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis
'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis Selengkapnya