Supaya Tak Malas, Ini 5 Tips Bersihkan Alat Dapur Setelah Masak

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 11:00 WIB
Tips Bersihkan Alat Dapur Foto: iStock
Jakarta -

Sehabis masak terkadang kita malas membersihkan alat dapur yang menumpuk. Nah, untuk Anda yang malas ada beberapa tips praktis yang mudah untuk diikuti!

Membersihkan alat dapur setelah masak atau menyantap makanan adalah tugas yang bikin malas. Apalagi jika kita memasak makanan sendiri, pastinya peralatan masak akan menumpuk. Mulai dari wajan, panci, hingga peralatan lainnya.

Saat menumpuk, peralatan tersebut membuat dapur terlihat berantakan dan bikin kita makin malas membersihkannya. Padahal peralatan dapur yang berantakan di bak cuci piring dapat menjadi sarang bakteri. Bahkan dikhawatirkan menjadi sumber penyakit.

Selain peralatan dapur dan alat makan yang berantakan, kebersihan microwave juga kerap diabaikan. Karena banyak orang berpikir kalau membersihkan microwave itu sulit.

Padahal prakteknya tidak sesusah yang dibayangkan. Dilansir dari Times of India (7/7), ada beberapa tips yang berguna untuk Anda yang malas membersihkan peralatan tersebut.

Baca Juga: Chef Ungkap 6 Fakta Trik Dapur yang Dibeberkan Kourtney Kardashian

1. Segera Bersihkan Meja Dapur

Tips Bersihkan Alat DapurTips Bersihkan Alat Dapur Foto: iStock

Jangan membiarkan tumpukan piring dan alat masak di meja dapur. Ada baiknya segera dibersihkan setelah menyantap makanan. Jangan dibiarkan dan didiamkan terlalu lama. Karena bisa jadi sarang bakteri dan patogen yang berasal dari sisa makanan, seperti sayuran dan olahan daging.

Setelah semua selesai makan sebaiknya langsung dibersihkan. Gunakan racikan pembersih dari perasan lemon yang ditambahkan air hangat dan soda kue. Lap seluruh meja di dapur dengan racikan lemon tersebut.

Racikan perasan lemon dan soda kue dapat membuat meja dapur jadi bersih dan kinclong. Untuk lebih aman, bisa semprotkan larutan disinfektan agar benar-benar bebas bakteri, virus dan kuman.

2. Bersihkan Peralatan Dapur Setelah Memasak

Tips Bersihkan Alat DapurTips Bersihkan Alat Dapur Foto: iStock

Ketika mengadakan jamuan makan, pasti sebelumnya kita harus memasak banyak makanan. Belum lagi peralatan masak yang kotor dan bertumpuk. Hal ini membuat dapur jadi berantakan.

Sebaiknya langsung bersihkan peralatan dapur tersebut sesaat setelah selesai masak. Agar tidak menumpuk di wastafel pencuci piring, segera cuci dan bersihkan. Agar tak membuat pemandangan dapur jadi jorok dan berantakan.

Untuk membersihkannya Anda bisa mengajak anggota keluarga. Setelah dicuci bersih dan dikeringkan. Jangan lupa atur dan letakkan peralatan masak dan makan di tempat semula agar dapur kembali terlihat rapi dan bersih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3