Tips Bersihkan Alat Dapur Agar Nyaman Masak di Bulan Ramadhan

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 07:30 WIB
Halaman 1 dari 5
Close up of female hands with protective gloves scrubbing oven in kitchen Foto: Getty Images/iStockphoto/Jevtic
Jakarta -

Ramadhan 2020 tinggal menghitung hari. Sebelum hari itu tiba, ada baiknya Anda memastikan dapur telah bersih. Hal ini agar memasak nantinya bisa lebih nyaman.

Sebenarnya membersihkan alat dapur tak hanya saat Ramadhan saja karena alat dapur bisa jadi sarang kuman dan bakteri jahat. Alat-alat dapur pun direkomendasikan untuk rutin dibersihkan.

Hanya saja, saat Ramadhan tiba, aktivitas di dapur umumnya meningkat. Pasalnya Anda harus menyiapkan keperluan untuk berbuka puasa hingga sahur. Karena itu sebaiknya Anda membersihkan beberapa alat dapur agar memasak lebih nyaman.

Peralatan dapur yang wajib dibersihkan antara lain kompor, oven, microwave, serta teko. Keempat alat tersebut adalah yang paling banyak digunakan. Oven, misalnya, digunakan untuk membuat kue takjil atau kue kering saat lebaran.

Baca Juga: Ini 6 Alat Dapur yang Wajib Dimiliki Pemula untuk Memasak

Sementara kompor sudah pasti digunakan untuk memasak segala jenis masakan. Lalu microwave sering digunakan untuk menghangatkan makanan sahur dan teko untuk membuat teh hangat yang diminum saat berbuka dan sahur.

Dilansir dari Which (10/4), berikut tips untuk membersihkan 4 alat dapur.

(dvs/odi)