Bersihkan Alat Dapur Jadi Mudah dengan 5 Bahan Makanan Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 06 Mei 2020 13:30 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Membersihkan alat dapur sering jadi sulit karena kerak dan noda gosong. Namun ternyata bahan makanan ini bisa jadi pembersih yang ampuh.

Tak hanya dapat dikonsumsi, beberapa bahan makanan ini ternyata memiliki fungsi untuk membersihkan alat dapur. Khususnya alat dapur yang terdapat kerak yang membandel atau noda gosong setelah memasak.

Cara membersihkannya juga terbilang mudah, cukup merendam alat dapur dengan air yang telah dicampur dengan bahan-bahan makanan tersebut. Lalu diamkan beberapa jam, kotoran yang menempel akan hilang.

Mulai dari garam hingga minyak sayur, berikut 5 bahan makanan yang dapat membersihkan alat dapur dengan mudah.

1. Minyak Sayur

-- Foto: Istimewa

Selain dapat dimanfaatkan untuk menggoreng makanan, minyak sayur juga dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang membandel pada alat dapur.

Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak sayur ke bagian alat dapur yang berkerak atau gosong. Biasanya tips membersihkan alat dapur ini dilakukan pada wajan atau panci.

Kemudian, diamkan sekitar beberapa jam hingga kerak yang menempel menjadi lunak. Baru setelahnya dapat dicuci dan dibilas dengan air bersih.

2. Jeruk Nipis

-- Foto: Istimewa

Jeruk nipis juga ampuh membersihkan alat dapur yang gosong atau berkerak. Maka tak heran banyak sabun-sabun pencuci piring yang menggunakan ekstrak dari jeruk nipis.

Tips membersihkan alat dapur menggunakan jeruk nipis ini juga terbilang mudah. Pertama, siapkan air panas untuk merendam alat-alat dapur seperti wajan, panci, spatula atau piring-piring.

Kemudian di dalam rendaman tersebut tambahkan perasan jeruk nipis. Biarkan selama beberapa jam, baru kemudian dapat gosok kerak dan noda hingga bersih.

Baca Juga : Tips Bersihkan Alat Dapur Agar Nyaman Masak di Bulan Ramadhan

3. Coca-cola

-- Foto: Istimewa

Mungkin terdengar unik, tetapi minuman soda yang menyegarkan ini benar-benar ampuh menghilangkan kerak yang membandel pada alat dapur. Cara membersihkannya terbilang mudah.

Untuk hal ini kamu hanya membutuhkan satu kaleng Coca-Cola saja. Tuangkan ke dalam panci atau wajan. Kemudian panaskan panci dan wajan berisi Coca-Cola tersebut di atas api kompor.

Panaskan hingga mendidih. Setelah itu, goyangkan panci atau wajan secara perlahan agar Coca-Cola dapat membilas seluruh bagian alat dapur yang gosong. Dengan begitu alat dapur akan kembali bersih. Bilas air hingga bersih.

4. Soda Kue

-- Foto: Istimewa

Soda kue biasanya digunakan untuk membuat kue. Dalam pembuatan kue, baking soda berfungsi untuk mengembangkan adonan kue. Dengan begitu tampilan kue akan sempurna ketika sudah jadi.

Namun, manfaat soda kue tidak hanya itu, karena bahan makanan tersebut juga dapat membersihkan alat dapur yang kotor, gosong atau bahkan berkerak. Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue dengan air.

Aduk hingga merata baru oleskan ke permukaan alat dapur yang ingin dibersihkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diamkan alat dapur yang sudah diolesi selama beberapa jam. Baru setelah itu dapat dicuci dan dibilas dengan air.

5. Garam

salt shaker on black kitchen tablesalt shaker on black kitchen table Foto: Istimewa

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan garam untuk membersihkan alat dapur kamu yang berlapisan antilengket. Membersihkan dengan garam tidak akan merusak lapisan antilengketnya.

Cara membersihkannya, cukup rendam wajan dalam air panas. Jika bagian luar yang ingin dibersihkan campur air panas dengan garam. Kalau bagian dalam yang ingin dibersihkan disarankan untuk menggunakan air dingin.

Setelah itu, diamkan dalam rendaman selama beberapa jam. Setelah itu alat dapur tersebut dapat dibilas dengan air. Nah, untuk membilasnya harus menggunakan air hangat. Dengan begitu, kerak yang menempel akan luntur.

Baca Juga : 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan Dapur



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)