8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan Dapur

Regita Lorena - detikFood Sabtu, 16 Sep 2017 10:02 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Peralatan dapur harus selalu dibersihkan. Namun, saat membersihkan ada beberapa kesalahan sepele yang sering diulang.

Membersihkan peralatan dapur terlihat sepele, padahal menguras tenaga. Apalagi jika hasilnya tak maksimal. Hal ini disebabkan oleh cara membersihkan yang kurang cermat atau tidak tepat, sehingga noda-noda kecil yang tidak terlihat oleh mata tidak bisa bersih total.

Baca Juga: Bersihkan 9 Alat Dapur dengan Cara Ini Agar Tak Pengaruhi Rasa Makanan (1)

Ini beberapa kesalahan membersihkan peralatan dapur yang sering kita lakukan tanpa disadari seperti diungkap oleh delish.com (12/9).

8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan DapurFoto: Thinkstock
1. Tidak mencuci barang pecah belah dengan tangan

Mencuci piring dan gelas menggunakan mesin pencuci piring otomatis seringkali tidak membuat piring dan gelas bersih sepenuhnya. Kadang kita akan menemukan noda pada pring. Sebaiknya cuci dan gosok dengan tangan agar kotoran kecilpun bisa terangkat.

2. Terlalu mengorganisir sendok

Mengorganisir semua peralatan sendok ke arah yang sama pada mesin pencuci mungkin akan mempermudah Anda untuk mengambilnya kembali, tapi hal tersebut membuat kemungkinan sendok tidak terlalu bersih. Sendok harus dimasukkan beberapa saja ke dalam wadah sendok pencuci piring agar tidak menumpuk.

8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan DapurFoto: iStock

3. Tidak mengeringkan panci

Jika panci yang dimasukkan ke dalam mesin pencuci masih memiliki noda, Anda bisa menggunakan soda kue untuk mengangkatnya. Namun hal yang paling penting adalah, Anda harus selalu mengeringkan panci untuk menghilangkan cairan dan mencegah karat.

4. Menggunakan sabun cuci pada peralatan tahan karat

Anda mungkin berpikir bahwa sabun cuci baik digunakan untuk semua peralatan dapur. Namun, ada beberapa peralatan dapur yang tidak boleh menggunakan sabun cuci, seperti lemari es dan kompor. Untuk membersihkan kompor, gunakanlah perbersih khusu suntuk stainless steel.

8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan DapurFoto: Thinkstock

5. Hanya menggukanan sabun cuci pada talenan

Terkadang, setelah menggunakan talenan kita seringkali hanya membasuhnya dengan air dan sabun. Namun ternyata, harus ada langkah ekstra yang dilakukan pada talenen yang habis digunakan untuk memotong daging mentah atau unggas. Rendamlah talenan dengan larutan pemutih, untuk menghindari kontaminasi.

6. Tidak membersihkan pembuat kopi

Karena mengandung banyak kotoran, coffee maker tidak cukup jika hanya dicuci begitu saja dengan air. Coffee maker perlu dicuci dengan sabun dan air untuk menghilangkan minyak kopi. Setiap kali menyeduh secangkir kopi, Anda harus memncuci semua bagian yang dapat dilepas dan membersihkan bagian luarnya.

8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bersihkan Peralatan DapurFoto: Thinkstock

7. Mengabaikan pembuangan sampah pada wastafel

Pembuangan sampah pada wastafel perlu perawatan berkala agar tidak berbau. Anda bisa menggunakan kulit jeruk atau es untuk membantu membersihkan tempat sampah watafel dan menghilangkan bau. Yang paling penting adalah jangan membiarkan sampah makanan terlalu lama di sana.

8. Tidak mencuci pisau dengan tangan

Pisau seringkali digunakan untuk memotong berbagai macam bahan makanan. Untuk itu,cuci pisau dengan tangan menggunakan sabun dan air hangat akan lebih efektif dan membuat pisau lebih bersih.

Baca Juga: Cara Bersihkan Peralatan Dapur dengan Baking Soda

(adr/odi)