5 Tips Mudah Bersihkan Kerak Panci Membandel, Pakai Cuka hingga Soda!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 10:30 WIB
5 Tips Mudah Bersihkan Kerak Panci Membandel, Pakai Cuka hingga Soda! Foto: iStock
Jakarta -

Membersihkan noda pada peralatan dapur memang cukup sulit. Berikut ini ada lima cara mudah untuk membersihkan kerak pada panci.

Saat memasak, makanan yang gosong seringkali menempel dan sulit untuk dibersihkan. Melepaskan kerak yang menempel pada panci atau alat masak lainnya juga menjadi pekerjaan yang paling merepotkan.

Kebanyakan orang harus menggosok sekuat tenaga agar noda-noda membandel pada panci bisa dirontokkan. Sayangnya, tenaga yang dikeluarkan dengan hasil yang didapatkan tidak sebanding.

Kerak-kerak yang menempel pada permukaan panci seringkali masih tersisa dengan tebal bahkan jika didiamkan nodanya akan semakin menumpuk. Ternyata ada lima tips yang bisa dilakukan di rumah untuk merontokkan noda dan kerak membandel yang menempel pada panci.

Berikut ini 5 tips mudah bersihkan kerak panci membandel menurut Webstaurant:

5 Tips Mudah Bersihkan Kerak Panci Membandel, Pakai Cuka hingga Soda!5 Tips Mudah Bersihkan Kerak Panci Membandel, Pakai Cuka hingga Soda! Foto: iStock

1. Air Panas

Merontokkan kerak dan noda pada panci menggunakan air panas dianggap sebagai cara yang paling mudah dan bisa dilakukan kapan saja di rumah. Cukup pakai air panas dan spons pencuci piring untuk membantu menggosok kerak pada panci.

Pertama-tama isi panci dengan air, kira-kira isi hingga air hampir memenuhi panci. Kemudian tambahkan sedikit sabun pencuci piring ke dalam panci. Pastikan jumlah air telah cukup untuk merendam kerak yang ingin dirontokkan.

Masak air dan sabun cuci piring dalam panci tersebut hingga mendidih. Setelah air mendidih perlahan-lahan gunakan spatula untuk mulai merontokkan kerak yang menempel. Buang rebusan air dan sabun pencuci piring, gosok sedikit hingga panci benar-benar bersih dan bilas dengan air bersih.

Baca juga: Ini Cara Praktis Bersihkan Kerak Membandel di Panci dan Wajan

2. Cuka dan Baking Soda

Kedua bahan berikut, cuka dan baking soda, merupakan bahan yang paling diandalkan untuk membersihkan sesuatu. Kombinasi antara cuka dan baking soda dikatakan sebagai kombinasi yang paling baik untuk membersihkan noda-noda yang menempel dan membandel.

Campuran ini juga bagus untuk membersihkan kerak makanan dan kotoran lainnya yang menempel pada panci. Pertama-tama isi air ke dalam panci hingga menutupi kerak yang ingin dibersihkan. Kemudian masukkan 150 ml cuka dan masak hingga air mendidih.

Setelah air mendidih, matikan api dan tambahkan 2 sendok makan baking soda. Aduk hingga baking soda larut dan kotoran mulai melunak. Buang rebusan air dan cuka kemudian gosok perlahan denganspons pencuci piring dan bilas hingga bersih.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Penyimpanan dan Membersihkan Botol ASI"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya