Ini Cara Praktis Bersihkan Kerak Membandel di Panci dan Wajan

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 28 Apr 2019 13:18 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Punya panci atau wajan berkerak di rumah? Anda bisa gunakan trik praktis ini untuk mengangkat noda membandel tersebut. Caranya tanpa perlu menyikat alat tersebut.

Jelang ramadan pastikan semua peralatan dapur Anda bersih dan siap pakai. Mengingat Anda perlu memasak menu santap sahur hingga berbuka di rumah.

Ini Cara Praktis Bersihkan Kerak Membandel di Panci dan WajanFoto: Istimewa

Panci hingga wajan jadi peralatan dapur yang paling sering digunakan. Dua alat ini juga yang biasa terpapar noda membandel. Terlebih jika keduanya bukan peralatan anti lengket.

Bahan makanan yang tertinggal bisa berubah menjadi kerak. Noda membandel inilah yang perlu bersihkan agar panas bisa lebih merata ke seluruh bagian wajan atau panci saat ditaruh di atas api. Meski terdengar sulit, ternyata ada cara jitu untuk menyiasati masalah ini.

Baca juga: Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda Membandel

Ini Cara Praktis Bersihkan Kerak Membandel di Panci dan WajanFoto: Istimewa

Anda tidak perlu menggosok panci ataupun wajan yang ada dengan tenaga ekstra. Caranya justru amat mudah dan praktis, tuangkan sedikit sabun cuci piring di bagian panci atau wajan. Lalu beri air panas ke dalamnya.

Kemudian biarkan selama satu malam. Dengan cara ini, kerak membandel yang ada dijamin hilang. Selain itu, terdapat tips lain yang tak kalah praktis serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Caranya, tuangkan sabun cuci piring lalu beri air bersih. Kemudian panaskan panci atau wajan isi kedua bahan tadi hingga air yang ada mendidih.

Ini Cara Praktis Bersihkan Kerak Membandel di Panci dan WajanFoto: Istimewa

Menurut Mirror UK (22/4), kedua tips jitu itu dibagikan dalam komunitas Mums Who Clean. Kabarnya banyak orang yang sudah berhasil melakukan trik tersebut.

"Sabun cuci piring dan air hangat bekerja dengan baik. Tak ada lagi kerak membandel! Terima kasih mums!!!," tulis salah satu anggota komunitas tersebut.

Cara mudah ini wajib Anda coba di rumah. Dengan begini, panci hingga wajan berkerak yang ada bisa digunakan kembali. Tampilannya pun jadi makin bersih berkilau.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk malas masak di rumah saat puasa nanti!

Baca juga: 5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas Bau (dwa/odi)