Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda Membandel

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 25 Nov 2018 17:06 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Wastafel dengan kotoran berkerak memang sulit dibersihkan. Namun, dengan cara ini wastafel akan lebih bersih dan mengkilap.

Hari libur, waktunya bagi Anda membersihkan dapur. Setiap hari wastafel digunakan untuk mencuci piring. Tak jarang sisa-sisa makanan pun menempel dan bersarang di area saringan hingga saluran air.

Agar dapur terlihat bersih dan terbebas dari kuman, Anda bisa lakukan 6 cara mudah bersihkan wastafel yang dilansir dalam Boldsky (27/09).

1. Kosongkan wastafel

Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda MembandelFoto: Istock
Pastikan semua area wastafel bebas dari puring kotor. Bahkan sendok dan garpu pun usahakan tidak berada di dekat wastafel. Untuk membersihkannya, cuci dengan air untuk menghilangkan beberapa kotoran.

Gunakan sarung tangan untuk mengambil sisa makanan dalam saluran.

2. Soda kue

Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda MembandelFoto: Istock
Wastafel dapur kebanyakan berbahan stainless steel. Keuntungan memiliki wastafel berbahan ini adalah tidak mudah tergores dan mudah dibersihkan.

Cara pembersihannya bisa menggunakan soda kue. Taburi seluruh permukaannya dengan soda kue. Diamkan selama 5 menit setelah itu gosokkan dengan spons. Pastikan menggosok dengan cara melingkar agar hasilnya lebih maksimal. Kotoran yang lama melekat akan mudah diangkat. Bilas dengan air bersih hingga mengkilap lagi.

3. Cuka

Untuk noda yang tak bisa dihilangkan dengan sabun, Anda dapat membersihkannya dengan cuka. Tumpukan sisa makanan bisa membuat wastafel berkerak. Noda ini dapat berasal dari sisa teh tauapun kopi.

Agar lebih mudah menghilangkannya gunakan cuka putih. Cuka dapat menghilangkan noda dan mikroba sekaligus. Tuang cuka dan gosok dengan spons kemudian gunakan air untuk membilas.

4. Menghilangkan bau pada wastafel

Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda MembandelFoto: Istock
Kulit jeruk ataupun lemon juga bisa dijadikan sebagai pembersih dengan cara digosokkan ke permukaan wastafel. Efek membersihkan fengan kulit jeruk cukup baik. Tidak hanya membuat wastafel tampak bersinar tetapi juga berbau segar harum.

5. Menghilangkan bau saluran air

Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda MembandelFoto: Istock
Meskipun wastafel bersih tapi saluran kotor, tentu ini akan membuat aroma dapur tak sedap. Jika pembuangan air berbau busuk, membersihkan permukaan wastafel menjadi hal yang sia-sia.

Cara termudah adalah menyedot saluran dengan alat penyedot karet dan membersihkan sambah yang mampet di saluran. Tuangkan air panas ke dalam saluran agar kerak lemak larut.



Tonton juga 'Kue Berbentuk Wreck-It Ralph Ini Bikin Gemas, Tega Makan':

[Gambas:Video 20detik]

Ini 5 Trik Bersihkan Wastafel Dapur dengan Noda Membandel
(dwa/odi)