5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas Bau

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 15:08 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Wadah plastik jika sudah terkena noda memang sulit dibersihkan. Selain nodanya tertinggal, aroma tak sedap juga akan menyarang di dalam wadahnya.

Wadah plastik ini memiliki banyak kegunaan. Mulai dari untuk membawa bekal sampai menyimpan makanan. Penggunaan wadah plastik juga bisa dilakukan untuk menyimpan berbagai bumbu seperti sambal, kecap hingga rempah-rempah.

Dikenal sebagai wadah yang awet, tempat makan plastik juga mudah dibersihkan. Namun terkadang beberapa jenis makanan yang kita simpan akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

Berikut ini beberapa trik untuk hilangkan noda membandel dan cegah bau tak sedap pada wadah plastik. Yuk, coba!

Baca juga: Ini Lho 5 Tanda Kalau Wadah-wadah Plastik Sudah Waktunya Diganti

1. Gunakan soda kue

5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas BauFoto: iStock

Beberapa noda yang menempel dalam wadah tempat makan seperti saus tomat dan bumbu kari sulit dibersihkan. Agar hilang, cobalah mencampurkan baking soda dengan sedikit air sampai membentuk pasta dan gosokkan pada bagian yang terkena noda sampai bersih.

Selain bersifat membersihkan, baking soda juga dapat menyerap bau tak sedap yang ada dalam wadah plastik. Taburkan baking soda kemudian tutup rapat dan biarkan sampai semalam. Setelah itu buang baking soda dan cuci wadah sampai bersih.

2. Cuci wadah plastik dengan spons dan sabun

5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas BauFoto: iStock

Cuci wadah plastik dengan spons non-abrasif dan sabun cuci piring cair. Sabun cuci piring ini dapat menghilangkan lemak sisa makanan yang menyebabkan bau pada wadah plastik. Sedangkan spons non-abrasif dapat membantu menyerap sisa-sisa bau.

3. Rendam air hangat

5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas BauFoto: iStock

Untuk menghilangkan noda membandel dan juga lemak yang menempel pada wadah plastik bisa dilakukan dengan cara ini. Rendam wadah plastik terlebih dulu dengan air hangat. Setelah itu, gosok dengan sikat gigi atau sabun cuci piring menggunakan sabun sampai dan bilas hingga bersih.

4. Koran

5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas BauFoto: iStock

Koran merupakan salah satu cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan bau tak sedap. Pertama-tama, cuci wadah dengan air sabun. Setelah itu keringkan wadah beserta tutupnya. Kemudian masukkan koran yang sudah diremukkan ke dalam wadah.

Tutup wadah dan biarkan selama 2-3 hari. Ketika kamu membuka wadah, maka bau akan hilang. Sebab karbon dalam koran bisa menyerap bau menyengat.

5. Jeruk Lemon

5 Cara Mudah Bersihkan Wadah Plastik Agar Bebas BauFoto: Thinkstock

Kandungan asam pada lemon dapat membantu menghilangkan noda dan bakteri. Caranya pun sangat mudah, cukup gosok wadah dengan air lemon dan biarkan sampai satu hingga dua hari di bawah sinar matahari.

Kombinasi antara lemon dan sinar matahari akan menghilangkan noda yang membandel serta membunuh bakteri yang menempel pada wadah plastik.

Baca juga: Wadah Plastik Belum Tentu Aman untuk Panaskan Makanan di Microwave (lus/odi)