Ini Arti 'Best Before' dan 'Expiry Date' pada Makanan Kemasan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Jun 2021 14:30 WIB
Ini Arti ‘Best Before’ dan ‘Expiry Date’ pada Makanan Kemasan Foto: Getty Images/iStockphoto/kunertus
Jakarta -

Keterangan 'best before' dan 'expiry date' pada makanan kemasan ternyata punya arti berbeda. Seperti ini penjelasannya.

Saat membeli produk makanan kemasan, kamu bisa melihat keterangan tanggal yang tertulis di sana. Kadang ada yang menulis 'best before' atau berarti 'baik dikonsumsi sebelum', dan ada pula keterangan 'expiry date' yang berarti 'tanggal kedaluwarsa'.

Meski sama-sama berupa tanggal dan tercantum di makanan kemasan, ternyata 'best before' dan 'expiry date' menunjukkan hal berbeda. Hal ini penting diketahui para konsumen.

Pasalnya mereka kerap membuang makanan yang sudah melewati tanggal yang tertulis pada kemasan. Akibatnya jumlah makanan yang terbuang semakin banyak dan masalah limbah makanan kian serius.

Ini Arti 'Best Before' dan 'Expiry Date' pada Makanan KemasanIni Arti 'Best Before' dan 'Expiry Date' pada Makanan Kemasan Foto: Getty Images/iStockphoto/kunertus

Dikutip dari Cosmopolitan Ph (19/6), 'expiry date' menunjukkan batas maksimal produk aman dikonsumsi terkait keamanan pangannya. Tanggal ini juga menunjukkan kapan makanan dianggap tidak layak lagi untuk dijual. 'Expiry date' lebih mengarah pada kandungan nutrisi makanan kemasan.

Sementara 'best before' adalah soal kualitas makanan. Artinya ketika makanan kemasan telah melewati tanggal 'best before', kualitasnya sudah menurun. Kualitas ini bisa berupa perubahan warna, tekstur, ataupun aromanya.

Secara singkat, baik 'best before' dan 'expiry date' sama-sama merujuk pada "tanggal konsumsi terakhir yang direkomendasikan" karena kualitas makanan di luar tanggal ini mungkin sudah berubah.

Lantas apakah makanan kemasan yang sudah melewati 'best before' dan 'expiry date' harus dibuang? Jawabannya tidak harus. Sebab makanan ini bukan berarti basi dan tidak bisa dimakan, melainkan sudah tidak seenak dan sebagus kualitasnya ketika diproduksi.

Ini Arti 'Best Before' dan 'Expiry Date' pada Makanan KemasanIni Arti 'Best Before' dan 'Expiry Date' pada Makanan Kemasan Foto: Getty Images/iStockphoto/kunertus

Meski begitu, demi alasan kesehatan dan keamanan pangan, perhatikan beberapa hal berikut saat belanja makanan kemasan.

1. Lihat baik-baik kemasan makanan tersebut. Pastikan kotak, kaleng, atau kemasan lainnya tidak terbuka, robek, penyok, gembung, atau memiliki bentuk lain yang mencurigakan. Ini untuk mencegah kemungkinan adanya kontaminasi.

2. Perhatikan dengan seksama 'best before' dan 'expiry date'. Pilih makanan kemasan yang memiliki tanggal lebih jauh dari hari ketika kamu membelinya. Tapi kembali lagi, lihat tips nomor 1 untuk memastikan kualitas makanan benar-benar terjaga.

3. Cuci sebelum buka. Langkah ini juga penting dilakukan mengingat makanan kaleng atau makanan dalam boks mungkin sudah lama berada di rak toko atau bahkan gudang. Dengan mencuci atau mengelapnya, paling tidak kamu meminimalisir cemaran kotoran ke dalam makanan yang bakal kamu makan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com