5 Cara Membersihkan Kulkas Supaya Bebas Bau dan Bakteri

Diah Afrilian - detikFood Senin, 07 Jun 2021 08:00 WIB
5 Cara Membersihkan Kulkas Supaya Bebas Bau dan Bakteri Foto: iStock
Jakarta -

Kulkas atau lemari pendingin perlu dibersihkan agar fungsinya tetap optimal. Berikut 5 cara membersihkan kulkas supaya bebas bau dan bakteri.

Membersihkan peralatan di rumah terutama yang mendukung untuk menyimpan bahan makanan sebenarnya penting untuk dilakukan namun belum banyak diterapkan. Salah satunya pentingnya membersihkan kulkas atau lemari es secara rutin untuk menjaga makanan yang disimpan di dalamnya dapat tetap segar dan terjaga kualitasnya.

Walaupun tidak terlihat kotor, kulkas tetap perlu dibersihkan baik bagian luar maupun dalamnya. Mulai dari mengelap dan membersihkan noda hingga membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di dalamnya.

Tidak membersihkan bagian dalam kulkas dapat menyebabkan gangguan-gangguan pada makanan yang disimpan. Misalnya seperti bau yang menyengat, bau busuk, munculnya banyak bakteri, hingga dapat menyebabkan kerusakan makanan.

Berikut ini 5 cara membersihkan kulkas supaya bebas bau dan bakteri menurut Better Homes & Gardens (2/4):

5 Cara Membersihkan Kulkas Supaya Bebas Bau dan Bakteri5 Cara Membersihkan Kulkas Supaya Bebas Bau dan Bakteri Foto: iStock

1. Membersihkan Rak dan Sekat

Pertama-tama, lepaskan rak-rak dan sekat-sekat yang ada pada kulkas dan sisihkan satu per satu bagiannya. Di bagian-bagian ini penting untuk dilepaskan satu per satu karena biasanya akan banyak tumpahan bahan atau sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela dan tidak mudah untuk dibersihkan dalam keadaan masih terpasang pada kulkas.

Biarkan bagian-bagian ini berada dalam suhu ruang sebelum dibersihkan dengan air hangat dan sabun. Air hangat dan sabun direkomendasikan untuk merontokan sisa makanan yang menempel karena fungsinya sangat baik untuk melunakkan kerak-kerak makanan yang mengering.

Gunakan spons atau alat penggosok yang lembut agar tidak merusak rak dan sekat kulkas yang dibersihkan. Perhatikan baik-baik pada bagian bawah atau sudutnya pastikan semua sudah bersih. Setelah dicuci dengan air hangat dan sabun hingga bersih, sekat bisa dibilas dan dikeringkan untuk kemudian dipasangkan lagi ke dalam kulkas.

Baca juga: 5 Cara Bersihkan Rice Cooker Supaya Awet dan Optimal Fungsinya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com