5 Cara Bersihkan Rice Cooker Supaya Awet dan Optimal Fungsinya

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 05 Jun 2021 07:00 WIB
kitchen equipment; Automatic rice cooker gray. iStock
Jakarta -

Walaupun tidak terlihat kotor, rice cooker ternyata perlu dibersihkan. Begini lima cara bersihkan rice cooker supaya awet dan berfungsi maksimal.

Rice cooker merupakan alat yang paling dibutuhkan di hampir semua rumah terutama di Asia. Rice cooker sangat dibutuhkan karena kegunaannya untuk memasak beras menjadi nasi yang merupakan makanan pokok yang dikonsumsi oleh hampir seluruh orang Asia.

Kehadiran rice cooker sangat memudahkan dan menghemat waktu, tenaga serta bahan bakar untuk memasak beras menjadi nasi. Sayangnya, pengetahuan tentang merawat rice cooker masih sangat minim dan praktik membersihkannya jarang dilakukan.

Padahal, merawat rice cooker dan menjaga kebersihannya menjadi kunci utama untuk menjaga agar nasi tidak mudah basi dan lebih awet saat disimpan. Membersihkan rice cooker bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis.

Berikut ini 5 cara bersihkan rice cooker di rumah menurut Simple Healthy Family (23/6).

Rice cookerFoto: Istock

1. Persiapan Sebelum Membersihkan

Sebelum mulai membersihkan rice cooker, memperhatikan keselamatan menjadi faktor utama dan paling penting yang harus dilakukan. Memastikan tidak ada lagi listrik yang tersambung menjadi langkah yang paling pertama dilakukan sebelum membersihkan rice cooker.

Selain itu, setelah semua sambungan listrik dicabut diamkan setidak selama 30 menit untuk memastikan semua komponen rice cooker benar-benar dingin terlebih dahulu. Ada sebuah lempengan panas yang berfungsi untuk menjaga suhu panas rice cooker yang jika tersentuh dalam keadaan panas akan sangat berbahaya.

Setelah rice cooker telah benar-benar dingin, rapikan kabel-kabel yang tersambung agar tidak terkena atau tersentuh air saat proses pembersihan. Kemudian mulailah untuk melepaskan penutup rice cooker secara perlahan.

Baca juga: Supaya Tak Malas, Ini 5 Tips Bersihkan Alat Dapur Setelah Masak

2. Membersihkan Bagian-Bagian Rice Cooker

Cara terbaik membersihkan rice cooker adalah dengan memisahkan bagiannya satu per satu. Cara ini dinilai akan lebih efektif untuk memastikan rice cooker benar-benar bersih bahkan hingga ke bagian dalamnya.

Membersihkan rice cooker bukan hanya sekadar mengelap bagian luarnya saja. Ada bagian-bagian yang harus dipisah-pisahkan dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian luar rice cooker.

Pertama-tama mulai dengan bagian wadah nasi. Jika tidak ada sisa nasi, isi wadah tersebut dengan air hangat dan sabun pencuci piring hingga semua kerak nasi melunak. Gosok perlahan dan bilas hingga bersih kemudian keringkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Sup Pasta Fusilli Kuah Putih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com