Makanan Kedaluwarsa Masih Bisa Dimakan, Ini Syaratnya!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 18 Mar 2021 19:00 WIB
Makanan Kedaluwarsa Masih Bisa Dimakan, Ini Syaratnya! Foto: Getty Images/hutchyb
Jakarta -

Makanan kedaluwarsa sering kali ada di dapur dan berakhir dibuang, padahal makanan kedaluwarsa masih bisa dimakan asal memperhatikan hal ini.

Menemukan makanan yang sudah kedaluwarsa mungkin sering dialami banyak orang. Perhatikan faktor berikut ini untuk menentukan apakah makanan tersebut masih layak dikonsumsi atau benar-benar harus dibuang.

Tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk memeriksa seluruh bahan makanan yang ada di dapur. Sebagian mungkin hanya memeriksa bahan-bahan makanan yang sering digunakan saja.

Tak jarang, ketika ingin menggunakan bahan makanan tertentu ternyata produk itu sudah melewati masa kedaluwarsanya. Lalu apakah makanan tersebut masih layak dikonsumsi?

Faktanya, tidak semua makanan yang telah kedaluwarsa harus langsung dibuang. Beberapa makanan kedaluwarsa masih bisa dikonsumsi asal memerhatikan beberapa faktor.

Berikut ini faktor-faktor yang bisa dipertimbangkan jika menemukan bahan makanan yang kedaluwarsa menurut Delish (12/3):

1. Tanggal Kedaluwarsa

Makanan Kedaluwarsa Masih Bisa Dimakan, Ini Syaratnya!Makanan Kedaluwarsa Masih Bisa Dimakan, Ini Syaratnya! Foto: Getty Images/hutchyb

Saat menemukan bahan makanan yang sudah tersimpan lama pada rak di dapur, periksa kembali tanggal kedaluwarsanya jika ada. Apakah itu benar-benar tertulis tanggal kedaluwarsa (expired date) atau hanya baik digunakan sebelum (best before).

Kemasan yang mencantumkan informasi 'baik digunakan sebelum' tidak mengartikan bahwa makanan tersebut sudah tidak layak makan jika telah melewati tanggal yang tertera. Hanya saja, kualitasnya sudah berkurang.

Hal ini sama seperti tanggal produksi dan tanggal batas penjualan sebuah produk. Tanggal produksi menunjukkan waktu pembuatan dan batas penjualan menunjukkan kapan produk tersebut harus keluar dari susunan rak di toko.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com