Sri Mulyani Belanja di Pasar Santa, Beli Sayuran hingga Kopi

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 09:15 WIB
Sri Mulyani Belanja di Pasar Santa Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani kemarin berbelanja sayuran di Pasar Santa. Ia mengunjungi beberapa gerai untuk membeli sayuran, bumbu dapur hingga kopi.

Sri Mulyani, Menteri Keungan Republik Indonesia dan pernah menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Namun, ia tetap seorang ibu dan wanita yang terampil berbelanja di pasar tradisional.

Sri Mulyani sering membagikan aktivitas hariannya di akun Instagram pribadi @smindrawati. Seperti aktivitasnya berbelanja sayuran dan bahan makanan lain di pasar tradisional.

Pada 14 Juni 2021 lalu, Sri Mulyani terlihat mengunjungi Pasar Santa di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mengenakan baju putih sederhana, Sri Mulyani bersama suami tampak mengunjungi beberapa lapak pedagang.

Sri Mulyani Belanja di Pasar SantaSri Mulyani Belanja di Pasar Santa Foto: Instagram @smindrawati

Baca Juga: Keren! Pria Ini Berhasil Turun BB 81 Kg dengan 'Clean Eating'

Ia mengunjungi lapak penjual buah-buahan segar. Sepertinya Sri Mulyani akan membeli buah pepaya, karena terlihat bagus warnanya. Ia juga mengajak ngobrol pedagang buah tersebut soal keluarga.

Lalu ia beralih ke lapak pedagang sayuran. Beragam sayuran segar dijual oleh pedagang tersebut, mulai dari tomat, timun, wortel, hingga buncis. Pedagang bernama Runingsih itu juga membagikan pengalamannya menerima bantuan pemerintah berupa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp 2,4 juta dan Rp 1,2 juta.

Sri Mulyani Jelaskan soal Rencana Sembako Kena PPNSri Mulyani Jelaskan soal Rencana Sembako Kena PPN Foto: Sri Mulyani Jelaskan soal Rencana Sembako Kena PPN (Istimewa/Instagram/@smindrawati)

"Bu Runingsih pedagang sayur yang meneruskan usaha ibunya yang sudah 15 tahun, bahkan mulai melayani pembeli secara online dan mengantar barang belanja menggunakan jasa ojek online. Ia bercerita menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Rp 2,4 juta dan Rp 1,2 juta dari Pemerintah yang bermanfaat untuk menambah modal bahan jualannya. Anaknya yang maish SMP juara kelas dan mendapat beasiswa dari pemerintah. Hebat bu!" ujar Sri Mulyani dalam keterangan Instagram miliknya (14/6).

Baca Juga: 6 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Kebotakan dan Jaga Kesehatan Rambut

Tak berhenti di sana, Sri Mulyani beralih mengunjungi lapak pedagang bumbu. Di sana seorang pedagang bumbu menanyakan soal PPN sembako yang belakangan jadi topik hangat. Melihat kekhawatiran pedagang, Sri Mulyani menjelaskan bahwa pemerintah tidak mengenakan pajak sembako yang dijual di pasar tradisional yang menjadi kebutuhan masyarakat umum.

Selanjutnya, Sri Mulyani juga tampak membeli tahu kulit dari penjual bahan makanan mentah. Ia juga mengunjungi kios penjual biji kopi, hingga pedagang beras.

Sri Mulyani Belanja di Pasar SantaSri Mulyani Belanja di Pasar Santa Foto: Instagram @smindrawati

Pasar Santa sendiri merupakan salah satu pasar tradisional yang telah dimodernisasi. Dulunya pasar tersebut dikenal dengan menjual bahan-bahan kebutuhan pokok, namun kini lebih dikenal sebagai area kuliner.

Area lantai dua Pasar Santa disulap menjadi food court besar dengan pilihan kuliner yang beragam. Mulai dari tradisional hingga kekinian. Tak heran kalau Pasar Santa jadi tempat nongkrong anak muda Jakarta.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya



Simak Video "Masak Masak: Bikin Pizza Telur Udang Bareng Lucinta Luna"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com