Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 05:00 WIB
Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya Foto: iStock
Jakarta -

Kopi umumnya dinikmati saat pagi hari atau sore hari. Namun, kapankah sebenarnya waktu yang terbaik untuk menikmati secangkir kopi?

Kopi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Salah satu cara minum kopi yang tepat adalah dengan memperhatikan waktu konsumsinya.

Waktu yang paling umum untuk menikmati kopi adalah saat pagi hari dan sore hari. Namun, di antara kedua waktu tersebut tak jarang menimbulkan perdebatan antara waktu yang mana yang lebih tepat untuk minum kopi.

Sebenarnya minum kopi di pagi hari atau sore hari sama-sama ideal. Namun, itu tergantung dengan faktor-faktor tertentu yang dimiliki seseorang.

Dilansir dari Huffpost (26/05) berikut faktor-faktor yang mempengaruhi waktu terbaik minum kopi:

Baca Juga : Jangan Buru-buru! Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi di Pagi Hari

1. Usia

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor PenentunyaKapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya Foto: iStock

Usia menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan saat minum kopi. Atau dapat dikatakan bahwa waktu yang ideal minum kopi dipengaruhi dari usia.

Untuk usia muda, minum kopi di pagi hari sangat baik untuk meningkatkan semangat. Seperti yang pernah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan tahun 2016.

Para peneliti melibatkan mahasiswa yang merupakan peminum kopi. Peneliti kemudian menguji mereka dengan ujian memori pada pukul 6 pagi dan 2 siang.

Peneliti kemudian menemukan bahwa mereka yang diberi minuman kopi sebelum ujian pagi menunjukkan peningkatan kinerja. Sementara mereka yang diberi kopi sebelum tes sore tidak demikian.

Berbeda dengan usia tua atau di atas 50 tahun. Mereka terbukti memiliki kualitas memori lebih kuat di penghujung hari ketika mereka rutin minum kopi di sore hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012 menemukan bahwa minum kopi di sore hari bagi kalangan usia di atas 65 tahun dapat mengurangi penurunan kinerja memori.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com