Jangan Buru-buru! Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi di Pagi Hari

Riska Fitria - detikFood Jumat, 31 Agu 2018 06:06 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Bangun tidur, enaknya langsung menyeduh kopi. Tapi sebenarnya kapan waktu paling tepat menikmati kopi?

Menyuruput kopi di pagi hari sudah jadi ritual banyak orang. Kafein dalam hangatnya kopi dipercaya bisa memberikan energi untuk melakukan aktivitas. Tapi minum kopi juga ada aturannya.

Kafein pada kopi harus diminum pada waktu yang tepat agar khasiatnya dapat diterima tubuh dengan baik. Dilansir dari The Daily Meal (19/08) waktu yang terbaik untuk minum kopi di pagi hari menurut pakar teknologi Jake Knapp dan John Zeratsky ialah pada pukul 09.30.

"Kafein adalah zat yang kuat, dan karena memiliki efek langsung pada tingkat energi , Anda harus meminumnya dengan perencanaan bukan sekadar kebiasaan," tulis keduanya di buku mereka.

Jangan Buru-buru! Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi di Pagi HariFoto: Istock

Baca juga : Catat! Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi Menurut Ahli

Namun penelitian lain menyebutkan bahwa waktu yang baik untuk menikmati kopi adaah satu jam setelah bangun tidur. Penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information ini menyebutkan jika saat bangun tidur, tubuh sedang memproduksi kortisol dalam jumlah tinggi. Kortisol adalah hormon kewaspadaan yang bisa membuat stres dan tegang.

Knapp dan Zeratsky juga mengatakan bahwa ketika minum kopi jangan sampai menunggu tubuh menjadi lelah sebelum meminum pada cangkir kedua. Mereka menyarankan untuk minum kafein 30 menit sebelum tubuh merasa lelah.

Jangan Buru-buru! Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi di Pagi HariFoto: iStock

Dalam temuan mereka, para pakar teknologi juga menetapkan bahwa teh hijau dan espresso lebih baik dihidangkan pada sore hari, karena minuman ini memberikan dosis kafein yang lebih rendah daripada kopi.

Sebaiknya juga melakukan eksperimen dengan menemukan waktu untuk minum kopi terakhir Anda, karena kafein memiliki waktu antara lima hingga enam jam bekerja. Jadi, Anda harus berjaga-jaga jam berapa sebaiknya mengakhiri minum kopi dalam sehari.

Baca juga : Ternyata Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Membuat Orang Lebih Sehat

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com