6 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Kebotakan dan Jaga Kesehatan Rambut

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 07:00 WIB
6 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Kebotakan dan Jaga Kesehatan Rambut Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa bahan makanan memiliki nutrisi yang punya manfaat khusus. Bahkan enam bahan alami ini dikatakan bisa cegah kerontokan dan jaga kesehatan rambut.

Rambut membutuhkan nutrisi untuk tetap tumbuh dengan sehat dan kuat dari akar hingga ujungnya. Kesehatan rambut ini butuh untuk diperhatikan agar rambut tidak mudah rontok dan menyebabkan kebotakan dini.

Berbagai perawatan serta nutrisi dan suplemen tambahan bisa juga diaplikasikan pada rambut untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Tetapi jika ingin meminimalisir penggunaan bahan kimia, beberapa bahan alami bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Bahkan bahan-bahan alami ini sudah dipercaya turun temurun dengan fungsinya yang sangat baik untuk rambut. Mengaplikasikan bahan-bahan alami berikut secara rutin dikatakan mampu cegah kerontokan dan jaga kesehatan serta kekuatan rambut.

Berikut ini 6 bahan alami yang bisa cegah kebotakan dan jaga kesehatan rambut menurut Healthline (7/3):

6 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Kebotakan dan Jaga Kesehatan Rambut6 Bahan Alami Ini Bisa Cegah Kebotakan dan Jaga Kesehatan Rambut Foto: iStock

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang dipercaya turun temurun untuk mengatasi kerontokan rambut. Bahkan lidah buaya juga dikatakan mampu menyehatkan kulit kepada dan kondisi rambut yang mulai rusak.

Mengaplikasikan lidah buaya secara rutin pada rambut dikatakan mampu mengurangi produksi ketombe dan mencegah folikel rambut untuk mengeluarkan minyak yang berlebihan dari dalam kulit kepala. Lidah buaya ini juga banyak digunakan pada merek-merek shampo dan kondisioner.

Baca juga: 7 Makanan Penyebab Rambut Rontok Parah

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat melembutkan rambut dan mencegah kerusakan protein pada rambut. Minyak kelapa bisa diaplikasikan baik sebelum maupun sesudah keramas bergantung pada jenis rambut dan manfaat yang ingin didapatkan.

Mengaplikasikan minyak kelapa sambilmemijatnya pada kulit kelapa dikatakan mampu menyehatkan kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Minyak kelapa juga sangat disarankan pada rambut dengan karakteristik yang cenderung kering dan pecah-pecah.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com