7 Makanan Penyebab Rambut Rontok Parah

Diah Afrilian - detikFood Senin, 28 Des 2020 08:00 WIB
Young woman is very upset because of hair loss Foto: iStock
Jakarta -

Rambut yang sehat, kuat, dan berkilau diinginkan oleh seluruh pria dan wanita. Rambut yang indah bukan hanya tentang menggunakan produk perawatan rambut yang mahal. Bisa juga dipengaruhi melalui nutrisi makanan.

Sama seperti kulit, rambut yang sehat juga merupakan indikator tubuh yang memerlukan gizi yang baik. Pilihan makanan dapat berdampak merusak atau memberikan kebaikan untuk rambut.

Tanpa disadari, stres dan polusi juga ikut memengaruhi kerontokan dan penipisan rambut. Ternyata rambut rontok dan penipisan rambut bisa juga dipengaruhi dari stres, keturunan, serta nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Mengutip dari Food NDTV (22/12), berikut ini 7 makanan yang harus dihindari agar tidak memperparah kerontokan rambut:

1. Gula

Sack with pure sugar on tableSack with pure sugar on table Foto: iStock

Gula mempunyai dampak buruk yang cukup besar bagi tubuh. Salah satunya termasuk pengaruh pada rambut hingga kesehatan seluruh tubuh.

Penelitian menunjukkan resisten insulin dapat menyebabkan diabetes dan obesitas juga ternyata bisa menyebabkan kebotakan pada pria dan wanita. Faktor utama penyebab resisten insulin ini dipengaruhi oleh asupan gula, pati dan karbohidrat olahan.

2. Makanan Tinggi Glikemik

Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang menyebabkan lonjakan insulin. Makanan seperti tepung, roti dan gula adalah makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Makanan ini dapat menciptakan ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan lonjakan insulin. Efeknya dapat memengaruhi androgen yang mengikat folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga: Kopi Bisa Atasi Rambut Rontok Pada Pria, Begini Caranya

3. Alkohol

Jago Minum Whiskey Pakai Sedotan Wanita Ini Diberi Tip Rp 41 JutaMinuman beralkohol. : ET Today/iStock

Rambut terbuat dari protein, yang disebut keratin. Keratin adalah protein yang memberikan struktur pada rambut.

Alkohol memiliki dampak negatif pada sintesis protein dan dapat menyebabkan rambut semakin lemah dan tanpa kilau. Konsumsi alkohol secara juga berat dapat menciptakan ketidakseimbangan nutrisi dan dapat menyebabkan kerusakan folikel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com