Kopi Bisa Atasi Rambut Rontok Pada Pria, Begini Caranya

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 07:00 WIB
Kopi untuk Atasi Rambut Rontok Pada Pria Foto: iStock
Jakarta -

Kopi tak hanya menyehatkan jantung dan membuat orang terjaga. Tetapi, juga bisa mengatasi rambut rontok pada pria. Ini penjelasannya.

Rambut rontok atau kebotakan masalah yang paling umum dialami oleh banyak pria di dunia. Penyebabnya bisa karena makanan, stres hingga faktor genetik.

Faktor lain yang bisa jadi penyebab adalah hormon seks dihidrotestosteron (DHT) yang merusak folikel rambut dan terjadi kebotakan atau dikenal dengan androgenetix alopeci. Para peneliti menyebutkan hormon testosteron yang menyebabkan kebotakan tersebut.

Rambut rontok pada pria karena faktor genetika ini tampaknya masalah yang tidak terpecahkan. Namun, tentu saja selalu ada cara mengatasinya.

Baca Juga: 5 Penelitian Tentang Manfaat Sehat Minum Kopi Untuk Tubuh

Kopi untuk Atasi Rambut Rontok Pada PriaKopi untuk Atasi Rambut Rontok Pada Pria Foto: iStock

Dilansir dari Express (8/11), kafein yang terkandung pada kopi ternyata bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok pada pria. Karena kafein memiliki peran dalam merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

Kafein juga bisa berperan dalam memblokir mekanisme hormon seks dihidrotestosteron (DHT) dengan menghambat testosteron. Pada sebuah penelitan, peneliti menggunakan sambel biopsi kulit kepala laki-laki lalu diaplikasikan dengan kafein dalam kurun waktu 120-192 jam atau sekitar 5-8 hari.

Aplikasi kafein ini sebesar 0,001% dan 0,0005%. Hasilnya pertumbuhan rambut terlihat dengan perpanjangan batang rambut yang lebih tinggi dalam waktu 120 jam (5 hari). Dibandingkan kulit kepala yang tidak diaplikasi dengan kafein.

Para peneliti ini menyimpulkan bahwa, kafein pada kopi dengan jelas menunjukkan bisa menjadi stimulator pertumbuhan rambut manusia yang juga penting mengatasi androgenetic alopeci (AGA) atau kebotakan pada pria.

Kopi untuk Atasi Rambut Rontok Pada PriaKopi untuk Atasi Rambut Rontok Pada Pria Foto: iStock

Kopi tersebut harus langsung diaplikasikan pada kulit kepala bukannya diminum. Karena cara ini dinilai lebih cepat untuk mengobati kebotakan tersebut.

Kamu bisa membuat masker rambut dari kopi. Dilansir dari Parenting Firscry (16/5), bahan yang diperlukan adalah 2 sdm kopi bubuk, 1 sdm madu dan minyak zaitun.

Semua bahan tersebut dicampurkan hingga menjadi kental. Lalu oleskan masker kopi ini pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal harus dilakukan secara rutin.

Baca Juga: Ini Efeknya Jika Kamu Kebanyakan Minum Kopi



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)