Viral Wanita Singapura Marahi TKI yang Makan Siang Saat Ramadhan, Ini Ceritanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Mei 2021 12:00 WIB
Viral Wanita Singapura Marahi TKI yang Makan Siang Saat Ramadhan, Ini Ceritanya Foto: Mothership SG

Video menuai beragam tanggapan

Saat berita ini dikutip Mothership SG, unggahan video di Facebook ini sudah ditonton lebih dari 5 juta kali. Video ini bahkan dibagikan lebih dari 26 ribu kali.

Tak kalah viral, di Twitter, potongan video ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali dengan lebih dari 4.300 Retweets. Penontonnya bukan hanya dari Singapura, melainkan juga dari banyak negara lain.

Video ini menuai beragam tanggapan. Ada yang mendukung tindakan si wanita Singapura, namun banyak pula yang justru mengecamnya.

"Mereka yang makan saat bulan puasa adalah orang yang buruk, namun mereka yang mendekatinya untuk merekam dan memarahinya jauh lebih buruk," kata seorang netizen.

"Tidak salah memberi tahu kalau mereka salah, tapi dia seharusnya melakukannya dengan lebih sopan," sahut seorang netizen lainnya.

Baca Juga: 5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!

Hukum muslim makan saat bulan puasa dan hukum makan di depan orang puasa

5 Tips Memilih Restoran untuk Buka Puasa BersamaHukum Makan di Depan Orang Puasa Foto: iStock

Sebenarnya bagaimana adab muslim makan saat bulan puasa? Mereka yang sedang sakit dan muslim wanita yang sedang menstruasi tidak diwajibkan untuk berpuasa. Meski begitu, mereka wajib menggantinya dengan puasa di lain hari.

Sementara itu Mothership SG menyoroti bahwa mungkin beberapa pekerja wanita Indonesia yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga di Singapura mungkin juga diminta untuk tidak berpuasa, karena sifat pekerjaan mereka yang berat.

Lantas bagaimana hukum makan di depan orang berpuasa? Dikutip detikfood dari video YouTube Berita KBR (15/6/17), H. Abdi Kurnia SH., MH selaku Dosen Agama Islam Universitas Indonesia pernah memberikan pandangannya soal makan di depan orang berpuasa, termasuk para muslim.

Ia mengatakan, "Jika kita melihat di dalam Alquran maupun hadis Rasulullah SAW, tidak ditemukan larangan bagi seseorang untuk makan di depan orang yang berpuasa. Jika larangan itu bersifat umum, maka itu artinya anak balita pun dilarang makan di depan orang berpuasa."

"Adapun yang dilarang menurut Alquran dan sunnah adalah memaksa orang yang berpuasa untuk makan sebelum waktunya berbuka," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com