3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 07:00 WIB
3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan Foto: iStock
Jakarta -

Antar umat beragama hendaknya saling toleransi, begitu pula saat bulan suci Ramadhan. Bagi nonmuslim ada etika yang baik saat bersosialisasi di bulan puasa.

Setiap tahun, umat muslim menjalani ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Ibadah puasa menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim, karena mereka harus menahan nafsu, termasuk juga menahan makan dan minum.

Bagi nonmuslim, ada etika yang baik dilakukan untuk menghormati umat muslim yang berpuasa. Tidak harus ikut berpuasa, paling tidak ikut menyesuaikan demi kenyamanan bersama.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 etika yang baik bagi nonmuslim untuk menghormati umat muslim berpuasa:

Baca Juga : Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

1. Tidak Makan dan Minum di Depan Umum

3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan Foto: iStock

Puasa dilakukan oleh umat muslim dengan menahan nafsu, termasuk juga makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Nah, cara beretika yang baik bagi nonmuslim adalah dengan tidak makan dan minum di depan umum.

Meskipun sebenarnya umat muslim tidak keberatan jika nonmuslim melakukan hal tersebut. Namun, akan lebih sopan jika tidak sengaja menggoda keyakinan mereka dengan makan, minum atau bahkan merokok tepat di depan mata mereka.

Etika ini berlaku di semua tempat, termasuk juga ruang bekerja. Sebaiknya jika ingin makan dan minum dilakukan di tempat yang tersembunyi, seperti yang dikutip dari Khaleej Times (12/04).

2. Menghadiri Undangan Buka Puasa Bersama

3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan Foto: iStock

Buka puasa bersama telah menjadi tradisi setiap bulan Ramadhan. Biasanya buka puasa bersama diadakan oleh keluarga, sahabat atau bahkan rekan kantor.

Nah, bagi nonmuslim jika mendapat undangan untuk berbuka puasa bersama sebaiknya diterima dan menghadiri acara. Sebab tidak berpuasa bukan berarti tidak boleh makan bersama.

Lagi pula inti dari buka puasa bersama adalah kebersamaannya. Bahkan dengan berbuka puasa bersama dapat mempererat tali persaudaraan.

3. Hindari Makan di Restoran saat Jam Buka Puasa

3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan3 Etika Baik yang Bisa Diterapkan Non Muslim di Bulan Ramadhan Foto: iStock

Bukan sebuah larangan jika nonmuslim ingin makan di restoran saat jam buka puasa. Namun, perlu diketahui bahwa di jam tersebut restoran pasti penuh dengan orang-orang yang berbuka puasa.

Jadi, jika ingin lebih nyaman mungkin menghindari makan di restoran saat jam buka puasa. Namun, jika tetap ingin makan direstoran sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu, seperti yang dikutip Indodians (13/04).

Sebab restoran sudah mulai ramai di sore hari sekitar pukul 15.00 hingga malam hari. Dengan melakukan reservasi, kamu bisa dapat tempat duduk dan makan dengan nyaman.

Baca Juga : Hukum Mencicipi Makanan Saat Memasak Hidangan untuk Buka Puasa



Simak Video "Borong Aneka Kurma untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com