5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 04:00 WIB
5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk! Foto: iStock
Jakarta -

Makan sahur penting dalam Islam dan sangat dianjurkan saat hendak berpuasa. Ternyata tak boleh sembarangan, berikut ini 5 adab makan sahur.

Saat memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim akan diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Terutama bagi mereka yang memiliki tubuh kuat dan mampu untuk menjalankan puasa.

Sebelum berpuasa, pastinya akan ada waktu sahur sebelum memasuki subuh dimana umat Muslim akan dipersilahkan untuk makan. Sahur sebelum menjalankan puasa ini begitu penting fungsinya dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tak sekadar makan, sahur ternyata memiliki keberkahan yang bahkan juga sudah seringkali dijelaskan oleh para ulama. Saat sahur sebenarnya ada adab yang perlu diperhatikan sehingga sahur tidak hanya sebagai waktu makan tetapi juga waktu untuk mendapatkan keberkahan.

Berikut ini 5 adab sahur yang telah dirangkum oleh detikfood dari berbagai sumber:

5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk!5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk! Foto: iStock

1. Tidak Melewatkan Sahur

Beberapa ulama dan para imam besar selalu mengingatkan bahwa jika ingin berpuasa, jangan pernah sekalipun melewatkan waktu sahur. Makan sahur bahkan menjadi hal yang juga ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana juga dijelaskan melalui sebuah Hadist yang berbunyi, "Sahur adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun hanya dengan seteguk air. Karena sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur," (HR. Ahmad)

Selain menjadi waktu makan sebelum berpuasa, sahur juga menjadi waktu yang baik untuk berdoa. Sahur berada pada sepertiga malam menuju waktu subuh, dimana siapapun yang berdoa pada saat itu niscaya doanya akan diijabah.

Baca juga: 5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa

2. Makan Sahur Mendekati Waktu Subuh

Beberapa orang mungkin akan makan sahur di malam hari. Banyak yang berpikir bahwa makan sahur di malam hari agar ketika masuk waktu sahur mereka tidak kesiangan dan melewatkan waktu sahur.

Sebenarnya, hal ini kurang tepat dan sebaiknya tidak lagi dilakukan. Makan sahur justru dianjurkan saat mendekati waktu imsak atau menjelang subuh.

Adab memperlambat makan sahur dan mempercepat buka puasa ini bahkan akan selalu dan sering dikatakan oleh banyak ulama. Namun, untuk berhenti makan dan minum di waktu imsak juga harus diperhatikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com