5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa

s - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 03:00 WIB
5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa amalan atau sunnah dari Rasulullah yang berkaitan dengan sahur. Jika sunnah ini diikuti, tentunya bisa membuat ibadah puasa semakin dipenuhi berkah dan lancar.

Di dalam bulan penuh rahmat dan kebaikan. Ada banyak sunnah yang diajarkan Rasulullah agar ibadah kita semakin dilimpahi pahala, dan bulan ramadhan semakin diberkahi.

Salah satunya dengan menjalankan beberapa sunnah sahur dari Nabi Muhammad SAW. Meski sering dianggap sebagai hal yang sepele, rupanya jika kita menerapkan sunnah dalam lima hal ini. Maka ibadah puasa pun akan semakin lancar.

Seperti selalu bangun sahur dan jangan melewatkan waktu sahur. Kemudian mengkonsumsi kurma, sampai makan dan minum secukupnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima sunnah saat sahur yang bisa diterapkan selama bulan ramadhan.

Baca Juga: Anjuran Agama soal Berbuka Puasa dengan Makanan Manis, Ini Faktanya

1. Bangun Sahur

5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang yang memilih untuk tidak bangun sahur, karena tidak bisa menahan rasa kantuk atau malas menyiapkan makanan di pagi hari. Padahal sahur merupakan bagian ibadah yang penting saat berpuasa.

Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan sahur. Sahur adalah waktu makan yang diberkahi oleh Allah SWT, jadi sebaiknya jangan ditinggalkan.

Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadist Abdullah bin Al Harits dari seorang sahabat Rasulullah SAW.

"Aku masuk menemui Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika dia makan sahur, beliau berkata, "Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan." (HR An Nasaa`i dan Ahmad).

2. Porsi Makan Secukupnya

5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa Foto: Getty Images/iStockphoto

Memang agar badan tidak lemas dan lapar selama menjalankan ibadah puasa, dibutuhkan asupan makanan yang cukup. Namun bukan berarti itu menjadi alasan untuk makan dan minum secara berlebihan.

Semua yang berlebihan tentunya tidak baik. Hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah, agar umat Muslim tetap menyantap makanan dan minuman secukupnya ketika sahur.

Sebagaimana sifat berlebihan ini tidak disukai oleh Allah SWT.

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 31).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com