Menu Harian Ramadhan ke-9: Martabak Manis Mini dan Ikan Patin Kuah Kuning

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 21 Apr 2021 08:00 WIB
Yuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti Gagal Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar
Jakarta -

Camilan manis memang menjadi andalan saat berbuka puasa. Kamu bisa membuat sendiri martabak manis mini di rumah dengan tambahan topping sesuai selera.

Hidangan manis seperti martabak mini memang paling enak dinikmati sebagai takjil. Selain itu siapkan juga ikan patin kuah kuning untuk makan malam dan oseng pedas kacang panjang untuk sahur.

Ingin masak sesuatu yang simpel untuk sahur, kamu bisa membuat tumisan sayur. Oseng pedas kacang panjang dengan tambahan daging ayam bisa jadi menu spesial.

Martabak manis bisa dibuat untuk berbuka puasa. Kamu bisa membuat dengan cetakan martabak mini maupun wajan teflon kecil. Untuk topping-nya, sesuaikan dengan seleramu.

Olahan ikan tak kalah enak dengan ayam ataupun daging untuk makan malam. Gunakan ikan patin, lalu masak dengan kuah kuning yang pedas segar.

Berikut ide masakan untuk sahur dan berbuka puasa di rumah bersama keluarga tercinta.

1. Sahur: Oseng Pedas Kacang Panjang

Oseng Pedas Kacang PanjangOseng Pedas Kacang Panjang Foto: iStock

Tumisan sayur bisa menjadi andalan untuk menu sahur. Kamu bisa memadukan kacang panjang dan daging ayam dengan bumbu yang agak pedas.

Kamu bisa gunakan satu ikat kacang panjang, kemudian tumis dengan bumbu halus. Agar aromanya lebih mantap, tambahkan terasi secukupnya. Berikut resep yang bisa diikuti.

Baca Juga: Resep Oseng Pedas Kacang Panjang yang Renyah Segar

2. Buka Puasa: Martabak Manis Mini

Yuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti GagalYuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti Gagal Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar

Berbuka puasa dengan takjil martabak manis, pasti enak sekali. Selain membelinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan ukuran mini lho.

Martabak manis yang empuk kenyal ini paling enak diberikan topping cokelat meisjes atau keju parut. Topping lain seperti cokelat batangan, selai, dan lainnya juga bisa ditambahkan. Cek resepnya di sini.

Baca Juga: Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal

3. Makan Malam: Ikan Patin Kuah Kuning

Resep Ikan Patin Kuah KuningResep Ikan Patin Kuah Kuning Foto: Dok. MasakMasakTransTV

Olahan ikan patin bisa jadi alternatif kalau kamu sedang bosan dengan daging ayam atau sapi. Dimasak dengan kuah kuning yang segar akan memanjakan lidahmu.

Hidangan ikan patin khas Palembang ini memiliki rasa pedas segar. Kalau ingin tambah pedas, masukkan cabai rawit merah. Ikuti resep berikut ini ya.

Baca Juga: Masak Masak : Ikan Patin Kuah Kuning yang Pedas Segar



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Cendol untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com