10 Menu Buka Puasa Sehat, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 17 Apr 2021 17:00 WIB
Sop Tofu Bola Ayam Foto: iStock
Jakarta -

Menu buka puasa sehat dan enak bisa dibuat sendiri di rumah. Agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, pola makan juga perlu diatur.

Makanan takjil yang sering dikonsumsi orang Indonesia pada umumnya sarat akan gula dan minyak. Sehingga tak jarang orang mengeluh mengalami berat badan naik meski sedang berpuasa.

Salah satu alasan berat badan naik adalah kalap saat berbuka puasa. Karena merasa lapar seringkali saat berbuka puasa jadi 'balas dendam'.

Mulailah menikmati minuman dan makan yang ringan dengan porsi kecil. Setelah melaksanakan sholat tarawih barulah konsumsi makanan yang lebih berat dengan porsi secukupnya.

Berikut ini beberapa menu buka puasa yang sehat:

1. Sop Ayam Kampung

sayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinarysayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinary Foto: iStock

Menu berbuka puasa yang sehat dan dapat meningkatkan stamina tubuh adalah sop ayam. Dibuat dari ayam kampung, kandungan proteinnya tentu lebih tinggi. Dipadu bersama dengan aneka sayuran seperti wortel, kentang, dan sedikit campuran tomat.

Klik di sini untuk melihat resepnya dengan lengkap.

2. Ikan Pindang Kuning

pindang pangandaranpindang pangandaran Foto: Faizal Amiruddin/detikcom

Pemilihan menu sehat untuk berbuka puasa menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tetapi juga mencegah terjadinya kenaikan berat badan.

Ikan pindang kuning bisa dibuat dengan beberapa jenis ikan seperti ikan kerapu, kakap, dan kuwe. Sajian ini tidak banyak mengandung minyak sehingga bisa jadi pilihan yang sehat.

Pecinta ikan, yuk cek resep ikan pindang kuningnya di sini.

3. Pepes Tahu Pedas

Pepes Tahu PedasPepes Tahu Pedas Foto: iStock

Lauk khas Sunda yang satu ini bisa jadi teman makan sayur asem ataupun nasi yang nikmat. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga tak sulit. Lihat resep lengkapnya di sini ya.

4. Lontong Isi

lontong isilontong isi Foto: Tastemade

Lontong isi juga sering jadi pendamping makan gorengan. Lontong dengan isian daging cincang dan aneka sayuran bisa jadi menu berbuka puasa yang sehat dan mengenyangkan.

Lontong semakin enak dinikmati bersama dengan sambal kacang. Lihat resepnya di sini.

5. Sup Buntut

Indonesian famous oxtail soupIndonesian famous oxtail soup Foto: iStock

Menu buka puasa sehat dan istimewa bisa jadi pilihan. Buntut sapi yang dimasak lama sehingga menghasilkan kuah kaldu yang gurih enak. Dicampur dengan wortel dan kentang sajian sup hangat ini bisa jadi pilihan.

Resepnya ada di sini.

6. Labu Siam Tumis

Tumis Labu SiamTumis Labu Siam Foto: iStock

Sajian labu siam tumis ini makin enak jadi pendamping makan pepes tahu dan nasi. Labu siam jadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi saat diet. Tidak hanya mengandung serat tetapi juga tinggi air. Cara membuatnya sangat mudah, yuk cek di sini.

7. Ayam Tumis Pete Pedas

Ayam Tumis Pete dan CabeAyam Tumis Pete dan Cabe Foto: iStock

Pecinta pete wajib menjajal masakan praktis yang satu ini. Pete yang berkolaborasi dengan cabai akan menghasilkan sensasi rasa yang mantap. Tumisan ayam ini sangat mudah disiapkan, apalagi ditambah dengan daun kemangi tentu rasanya semakin wangi sedap.

Lihat resep lengkap ayam tumis pete pedas untuk menu buka puasa di sini.

8. Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu

Ikan Bakar Sambal Dabu-dabuIkan Bakar Sambal Dabu-dabu Foto: Dok. MasakMasakTransTV

Menu buka puasa sehat tentunya ikan bakar. Siapa bilang makanan sehat selalu memiliki rasa yang hambar?

Kenyataannya ikan bakar dengan perpaduan bumbu gurih dibakar hingga matang. Kemudian dipadu bersama dengan sambal dabu-dabu segar. Enak disantap dengan nasi hangat. Lihat resepnya di sini.

9. Tumis Ayam Jamur Brokoli

Ayam Tumis Jamur BrokoliAyam Tumis Jamur Brokoli Foto: iStock


Dalam satu hidangan ini sudah terdapat sayur dan lauk hewani berupa ayam. Tumis ayam dengan paduan sayuran berupa jamur dan brokoli makin enak disantap hangat-hangat dengan nasi.

Bumbunya terbilang sederhana, hanya menggunakan saus tiram, bawang putih, jahe, minyak wijen, merica bubuk serta garam. Penasaran? Klik resepnya di sini.

10. Orak-arik Bayam

Orak-arik Telur Bayam ala JepangOrak-arik Telur Bayam ala Jepang Foto: Getty Images

Orak arik bayam sangat cocok jadi menu berbuka puasa sehat sekaligus sahur. Sangat mudah dibuat, sayur bayam enak dipadu dengan telur gurih. Supaya makin bergizi, bisa juga ditambahkan dengan keju parut sesuai selera. Lihat cara membuatnya di sini.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Cendol untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com