3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng

Riska Fitria - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 08:00 WIB
3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng Foto: iStock
Jakarta -

Terlihat simpel tetapi ternyata membuat nasi goreng juga ada teknik khususnya. Jika tekniknya salah, maka bisa mengubah rasa dan aroma nasi gorengnya. Begini caranya!

Nasi goreng dikenal sebagai makanan sejuta umat. Nasi goreng juga selalu menjadi andalan sebagai menu makan yang praktis. Itu karena dilihat dari bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatan yang terlihat mudah.

Namun, membuat nasi goreng tidak hanya sekadar menggoreng nasi dalam wajan. Chef Mario Dalimartha dari restoran 'Kembang Bawang' dan Chef Tiarbah yang populer dengan Nasi Goreng Dendeng Lemak membagikan tipsnya.

Baca Juga : Inspirasi Chef Tiarbah 'Masak Darurat' Saat Bikin Nasi Goreng Whiskas

Dalam peluncuran buku 'Nasgor Makanan Sejuta Mamat' milik Harry Nazarudin yang berlangsung secara virtual (25/03), kedua chef yang mempunyai bisnis nasi goreng tersebut memberikan tips membuat nasi goreng.

1. Unsur Penting dalam Membuat Nasi Goreng

3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng Foto: iStock

Yang menjadi unsur penting dalam membuat nasi goreng tidak hanya bahan-bahan yang digunakan. Chef Mario Dalimartha mengatakan bahwa antara wajan, api dan bumbu saling berkaitan dan sama pentingnya.

"Bahan-bahan sudah pasti penting banget. Bumbunya juga harus nge-blend dengan nasi. Pemilihan wajan harus bagus ketebalan dan ketipisannya itu sangat mempengaruhi," ujar Chef sekaligus owner restoran Kembang Bawang.

Lebih lanjut, Chef Mario Dalimartha juga mengatakan agar aroma nasi gorengnya keluar harus menggunakan api yang besar. Hal yang sama juga dikatakan oleh Penulis dan Praktisi Kuliner Harry Nazarudin.

Menurutnya ada empat unsur penting saat membuat nasi goreng, yaitu bumbu, nasi, temperatur, dan tekanan. Selain itu, cara memasak dengan sesekali mengangkat wajan juga dapat menciptakan aroma tersendiri.

"Ketika wajan diangkat ada panas yang membuat aromanya smokey," ujar Harry Nazarudin.

2. Jenis Nasi yang Cocok untuk Nasi Goreng

White rice in bowlWhite rice in bowl Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita

Sebagai bahan utama, pemilihan nasi juga sangat penting. Lantas jenis nasi seperti apa yang cocok untuk dijadikan nasi goreng? Chef Mario dan Chef Tiarbah kompak menyebut nasi pera adalah yang paling cocok.

"Nasi perak itu dikenalnya kualitas buruk. Padahal gak gitu, ada jenis masakan yang cocoknya pakai nasi perak kayak nasi goreng misalnya. Kalau pulen buat nasi goreng itu aneh, bulir-bulir nasi saling nempel," ujar Chef Tiarbah.

Lebih lanjut, Chef Mario juga mengatakan kalau membuat nasi goreng akan lebih baik menggunakan nasi yang sudah dingin daripada yang masih hangat. Itu karena nasi dingin sudah minim air dan minim kadar garam.

"Nasi dingin itu cocok sehinggabulirnya menyatukanbumbunya jadigak menggumpal. Kalau nasi baru matang itu nasinya menggumpal. kalaumasukin garam kadanggak menyebar," ujar Chef Mario.

3. Langkah Membuat Nasi Goreng

3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng Foto: iStock

Perhatikan tahapan saat membuat nasi goreng. Chef Tiarbah menyarankan untuk memanaskan wajan hingga berasap terlebih dulu untuk mengeluarkan aroma smokey pada telur pertama.

"Wajan harus berasap dulu, terus kan goreng telur nah telurnya nanti ada aroma smokeynya. Terus wajan berasap itu juga gak bikin lengket. Baru masukin bawang putih, bumbu dan nasinya," tutur Chef Tiarbah.

Chef Mario juga menyarankan untuk memasak telur terlebih dahulu untuk memberikan aroma pada nasi gorengnya. Setelah itu baru diikuti dengan bahan-bahan lainnya, seperti bumbu, nasi dan pelengkap.

"Bahan-bahan yang rentan berubah warna itu dimasukkan terakhir biar warnanya jadi lebih bagus," ujar Chef Mario.

Baca Juga : Chef Tiarbah dan Chef Mario Sukses Bisnis Nasi Goreng, Ini Menu Andalannya

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com