Bubur Ayam Mantul

5 Bubur Ayam Gerobakan Paling Hits, Belinya Harus Antre

Devi Setya - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 14:30 WIB
bubur ayam Foto: detikFood
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Semangkuk bubur ayam hangat gurih memang mudah ditemui di Jakarta. Tapi ada yang hits, sampai-sampai pembeli antre demi menikmati bubur ayam dengan aneka topping ini.

Bukan hanya sekedar menu sarapan, bubur ayam sekarang jadi jajanan yang disukai semua orang. Anggapan soal bubur ayam sebagai makanan orang sakit pun sudah lama ditepis. Sajian lembut bubur nasi

Di Jakarta ada beberapa penjual bubur ayam gerobakan yang namanya sudah tersohor. Para penggemar bubur ayam pun rela datang dari jauh asalkan bisa merasakan gurih lezat bubur ayam. Bahkan tak jarang harus antre panjang.

Sebut saja misalnya bubur ayam BCA di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara ini. Kehadiran gerobak bubur ayam ini sudah dinanti pembeli bahkan saat sang penjual baru mulai menggelar lapak. Sensasi rasa gurih bubur ayam dengan aneka topping berlimpah menjadi satu alasan orang-orang rela menanti semangkuk hidangan hangat ini.

Tak hanya pagi hari, penggemar bubur juga menikmatinya saat malam hari. Sebut saja bubur Barito yang popularitasnya sebagai kuliner malam udah melegenda.

Berikut beberapa bubur ayam hits di Jakarta yang wajib dicicip para pemburu bubur ayam enak.

1. Bubur Ayam Alfa

Buat kamu yang tinggal di kawasan Meruya, Jakarta Barat tentu sudah tidak asing dengan Bubur Ayam Alfa. Mulai dijajakan sejak tahun 2000-an, bubur ayam ini sukses menarik ratusan pelanggan setiap harinya.

Bubur ayam ini mengusung versi oriental, artinya bubur sudah dimasak dengan kaldu sehingga penyajiannya tidak ditambahkan kuah kari berwarna kuning. Bubur nasinya punya rasa gurih, dan ada sensasi manis legit dari kecap yang ditambahkan sebelum disajikan.

Bubur juga dilengkapi dengan suwiran daging ayam, bawang goreng, kacang goreng serta cakwe. Kalau mau yang spesial, kamu bisa minta tambahan telur ayam kampung. Nah makin nikmat lagi kalau makan bubur dilengkapi aneka sate.

2. Bubur Ayam BCA


Bubur ayam BCA atau dikenal juga dengan nama Bubur ayam Mayong termasuk juara di Kelapa Gading. Orang-orang menyebut bubur ayam BCA karena gerobak bubur ini selalu terparkir di depan gedung Bank BCA, Kelapa Gading.

Bubur ayam yang satu ini buka sore hingga malam, jadi orang-orang menikmati bubur hangat ini sebagai pengganjal perut sebelum tidur. Meskipun area makannya sederhana tapi pembeli setiap hari membludak.

Satu alasan yang membuat bubur ayam ini laris manis adalah topping pelengkapnya yang sengaja disajikan menggunung. Saking penuhnya bubur nasi sampai tak terlihat. Harganya pun murah meriah, dengan budget dibawah Rp 20 ribu, kamu bisa puas makan bubur ayam.

3. Bubur Landmark

Bubur Ayam Landmark5 Bubur Ayam Gerobakan Paling Hits, Belinya Harus Antre Foto: dok. detikFood

Bubur ayam legendaris ini berlokasi di dekat Gedung Landmark, Jakarta. Sang penjual sudah menjajakan bubur sejak tahun 1987 jadi tak berlebihan kalau bubur satu ini disebut biangnya bubur ayam Jakarta.

Pembelinya datang dari kalangan pekerja kantoran yang mencari sarapan sebelum memulai aktivitas. Bubur ayam gaya Cirebon ini tersedia mulai pukul 6 pagi namun biasanya sudah ludes sebelum pukul 9 pagi.

4. Bubur Barito

Gurih hangat bubur ayam Barito sudah terkenal seantero Jakarta. Kini tempatnya di Jl. Barito sudah lebih nyaman sehingga pengunjung yang datang bisa makan tanpa berdesakan. Tapi tetap saja banyak pengunjung yang memilih menikmati bubur di dalam mobil yang diparkir dekat gerobak bubur ini.


Bubur Barito sudah ada sejak 1992 dan hingga kini tetap menjaga cita rasanya. Beras yang dimasak dengan kaldu ayam kampung menjadikan bubur ayam ini beda dengan bubur ayam lainnya. Apalagi bubur ayam juga disajikan dengan daging ayam dan cheese stick. Oiya, kamu juga bisa menikmatinya dengan tambahan telur ayam kampung. Mantul!

5. Bubur ayam Musi

Bubur Ayam5 Bubur Ayam Gerobakan Paling Hits, Belinya Harus Antre Foto: detikFood

Dalam sehari, penjual bubur ayam ini menghabiskan 15-20 liter beras yang diolah jadi bubur nasi. Ratusan porsi bubur ayam pun ludes setiap pagi. Bubur ayam gerobakan ini sudah berjualan lebih dari 22 tahun lalu di Jl Musi, samping RM Sinar Minang Jaya, Cideng, Jakarta Pusat.

Bubur ayam lembut disajikan dengan kuah kari yang gurih sedap. Toppingnya juga tak kalah komplet, dan yang pasti bubur ayam ini punya harga murah. Semangkuk bubur ayam dibanderol Rp 11 ribuan saja.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Melimpah Bubur Ayam Legendaris Pasundan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com