Bubur Ayam Mantul

Nyam! Ini 5 Bubur Cirebon Paling Enak di Sekitar Jakarta

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 11:00 WIB
Nyam! Ini 5 Bubur Cirebon Paling Enak di Sekitar Jakarta Foto: detikFood
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
Jakarta -

Bubur Cirebon disajikan kuah kaldu kuning dan suwiran ayam yang melimpah. Di sekitar Jakarta ada banyak tempat makan bubur Cirebon yang enak.

Sama seperti makanan lainnya, bubur ayam juga punya ciri khasnya di setiap daerah. Misalnya di daerah Jawa Barat, bubur ayam disajikan dengan kuah kaldu kuning yang gurih.

Untuk bubur Cirebon sendiri ciri khasnya terletak pada kuah kaldu yang lebih kental dan kuning. Selain itu bubur Cirebon disajikan tanpa cakwe, tapi diberi tambahan taburan kacang goreng dan kerupuk kanji.

Di Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa tempat makan bubur Cirebon yang terkenal. Mulai dari Bubur C7 hingga bubur Cirebon Rawamangun.

1. Bubur Ayam Cirebon Rawamangun

Bubur Ayam C7 CirebonBubur Ayam C7 Cirebon Foto: detikfood

Terletak di wilayah Rawangun, ada tempat makan bubur yang dulu buka selama 24 jam. Namanya Nasi Goreng dan Bubur Ayam Cirebon Rawamangun, di Jalan Paus.

Namun sejak pandemi, tempat bubur ini hanya buka sampai jam 7 malam untuk makan di tempat. Serta layanan pesan antar sampai jam 1 malam. Di sini memang yang paling terkenal adalah menu bubur ayamnya.

Bubur disajikan dengan kuah kaldu kuning yang kental, suwiran daging ayam, kerupuk, seledri dan bawang goreng. Di setiap meja tersedia botol berisi kaldu kuning, jadi kita bisa tambah kuah kaldu ini sepuasnya. Kisaran harganya sekitar Rp 10.000 saja.

Bubur Ayam & Nasi Goreng Cirebon
Jl. Paus No.7 D.
Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Telp: (021) 47862928

2. Bubur Ayam Cirebon Mas David

Nyam! Ini 5 Bubur Cirebon Paling Enak di Sekitar JakartaIlustrasi Bubur Ayam Cirebon Foto: Instagram Pink

Bagi yang sering lewat di depan sekolah SD Tarakanita di Jalan Barito, pasti sudah tidak asing dengan bubur ayam Cirebon yang satu ini. Namanya Bubur Ayam Cirebon Mas David.

Setiap harinya berjualan dari jam 6 pagi. Meski pakai gerobak, tapi bubur ayam ini selalu laris manis. Mirip seperti bubur ayam khas Cirebon lainnya, di Mas David ada dua panci. Satu panci berisi bubur, satunya lagi berisi kuah kaldu kuning yang khas.

Bubur disajikan dengan kuah kuning yang royal. Bagian atasnya diberikan suwiran daging ayam, kacang, kerupuk dan sambal. Untuk pelengkapnya ada sate usus, ampela hingga telur puyuh. Kisaran harganya sekitar Rp 10.000 per porsi.

Bubur Ayam Cirebon Mas David
Depan SD Tarakanita.
Jl. Barito II Kebayoran, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bubur Ayam Argo Jati, 4 Jam Jualan Langsung Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul
FOKUS BERITA Bubur Ayam Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com