Serba Enak di Tangsel

Hangatkan Perut dengan Semangkuk Bubur Cirebon yang Kental

Odilia WS - detikFood Selasa, 15 Sep 2020 07:00 WIB
Bubur Ayam C7 Cirebon Foto: detikfood
Jakarta -

Bubur ayam khas Cirebon yang kental gurih ini bisa menghangatkan perut di pagi hari. Disajikan panas mengepul dengan aneka sate yang gurih hangat. Mantap.

Bubur ayam memang jadi pilihan tepat buat sarapan. Rasanya lembut gurih dan enak dimakan hangat. Ada beragam jenis bubur ayam yang dijual gerobakan, warung tenda hingga di dalam ruko. Ada bubur ayam Betawi, bubur ayam Sukabumi hingga bubur ayam Cirebon.

Salah satu bubur ayam Cirebon yang kondang adalah Bubur Ayam C7. Ada banyak cabang gerai bubur ayam ini di pinggirn Jakarta. Termasuk di sepanjang jalan raya Graha Raya, Tangerang Selatan. Ada dua cabang Bubur Ayam C7, satu di Ruko Melia dan satu lagi di ruko Fortune. Yang jadi ciri khas warung bubur ini tak pernah sepi di pagi hari terutama akhir pekan.

Bubur Ayam C7 CirebonBubur Ayam C7 Cirebon Foto: detikfood

Menyambangi oulet Bubur C7 di ruko Melia, dari jauh sudah terleihat gerombolan pesepeda mengantre di ruko yang tak terlalu besar. Gerobak bercat hijau kuning menjadi ciri khasnya. Tempat pegawai meracik pesanan bubur ayam.

Perlu bersabar menanti tempat sedikit longgar karena aturan PSBB, tak semua meja diisi penuh. Semangkuk bubur ayam dengan topping melimpah menutupi permukaan bubur. Bubur ayam Cirebon punya ciri khas tidak memakai topping irisan cakue.

Tetapi di tempat ini bebas nambah kerupuk kanji sendiri. Tinggal ambil di kantong plastik besar yang diletakkan di sudut gerobak. Buburnya kental dengan aroma gurih kaldu. Warnanya sedikit keruh karena dimasak dengan kaldu ayam. Bubur Cirebon di sini disajikan tanpa siraman kuah atau kaldu.

Bubur Ayam C7 CirebonBubur Ayam C7 Cirebon Foto: detikfood

Rasanya creamy gurih kaldu dan bubur yang kental tetap mudah disendoki. Toppingnya suwiran daging ayam yang halus sedikit kekuningan, sepertinya dibumbu kuning. Ada kedelai goreng, irisan daun bawang dan daun seledri plus kerupuk kanji.

Juga tersedia sate telur puyuh berbumbu kuning. Demikian juga dengan sate usus, hari dan ampela ayam. Semuanya disajikan hangat, bahkan kami harus menunggu beberapa saat karena masih digoreng.

Tanpa kuah kaldu, bubur yang kental ini sudah enak. Apalagi jika ditambah sambal dan kucuran kecap manis. Meski tak terlalu banyak topping suwiran ayamnya gurih dan garing. Yang dominan adalah aroma bawang putih dan kunyit yang sedap. Sate usus dan ampelanya juga empuk gurih.

Bubur Ayam C7 CirebonBubur Ayam C7 Cirebon Foto: detikfood

Semangkuk bubur ayam Cirebon dihargai Rp 10.000 dan aneka satenya Rp 2.000 per tusuk. Kalau ingin nambah juga tersedia porsi setengah. Tanpa irisan cakue seperti bubur ayam Betawi, bubur Cirebon lebih menonjol rasa gurih kaldu ayam yang dimasak bersama beras. Mau diaduk atau dipisah, sama enaknya.

Buat kamu yang ada di kawasan Tangerang Selatan, bubur ayam C7 ini bisa jadi pilihan. Seporsi bubur ayam dengan beberapa tusuk sate cukup menghangatkan badan plus bikin badan berenergi di pagi hari. Tempat bubur ini buka jam 05.30 pagi.O, ya buat ibu hamil dan pembeli yang mau baca Al Qur'an bisa makan bubur ayam gratis. Mampir yuk!

Bubur Ayam C7 Cirebon

Ruko Melia. Jl Boulevard Graha Raya No 25 Paku Jaya
Tangerang Selatan

Ruko Fortune Graha Raya. Jl KH. Hasyim Ashari Graha Raya, Tangerang Selatan



Simak Video "Menjajal Bubur Ayam Bandi yang Eksis Sejak 1998"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)