5 Warteg di Luar Negeri, Tawarkan Nasi Rames di Korea hingga Arab

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 12:00 WIB
Warteg di Luar Negeri, Korea hingga Arab Foto: YouTube Edho Zell
Jakarta -

Bagi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, tak perlu bingung kalau rindu makanan Indonesia. Sekarang bisa puas makan nasi rames ala warteg di Korea hingga Arab.

Warteg atau Warung Tegal adalah warung makan asal Indonesia yang sederhana. Biasanya warteg menyajikan menu makanan rumahan. Seperti ayam goreng, orek tempe, tumis sayuran, hingga gorengan.

Bentuk warung makannya juga sederhana. Hanya bangunan kecil dengan etalase yang dipenuhi banyak lauk khas Indonesia. Untuk para penikmatnya disediakan kursi panjang di depan meja etalase untuk menikmati makanan langsung di sana.

Orang Indonesia yang tinggal di luar negerti, tentu saja kerap merindukan sensasi makan di warteg. Tapi, kini tak perlu bingung karena sudah banyak warteg yang tersebar di luar negeri.

Ada sekitar 5 warteg yang hadir di luar negeri. Mulai dari Korea Selatan hingga Arab Saudi. Dijamin kamu puas makan nasi rames di sana!

Berikut 5 warteg Indonesia di luar negeri:

1. Korea Selatan

Warteg di Luar Negeri, Korea hingga ArabWarteg di Luar Negeri, Korea hingga Arab Foto: TikTok @zaraprdny

Banyak orang Indonesia tinggal di Korea Selatan untuk bekerja dan menempuh pendidikan. Tren makanan Indonesia di Korea saat ini juga sedang meningkat. Terbukti banyak orang Korea dan idol yang mengetahui dan pernah mencicipi makanan Indonesia.

Oleh karenanya banyak berdiri restoran yang menyajikan makanan Indonesia. Sudah ada 2 warteg yang tersebar di Korea Selatan.

Pertama ada Warteg Bahari yang terletak di kota Gwangju. Warteg ini milik wanita bernama Hana asal Tegal, Jawa Tengah. Warteg ini menawarkan menu ayam kalasan, ayam geprek, hingga ikan lele.

Ada juga Warteg Gembul milik influencer bernama Yannie Kim. Warteg ini menyajikan menu aneka pepes, rendang, hingga bakso.

Baca Juga: Keren! Warteg Bahari di Korea Jual Ayam Geprek hingga Siomay

2. Jepang

Warteg di Luar Negeri, Korea hingga ArabWarteg di Luar Negeri, Korea hingga Arab Foto: YouTube Edho Zell

Orang Indonesia juga banyak yang menetap di Jepang untuk kerja dan kuliah. Di beberapa lokasi sering diketahui ada restoran yang menyajikan menu makanan Indonesia.

Salah satunya warteg bernama Monggo Moro ini. Lokasinnya ada di kawasan Shinokubo, Jepang. Warteg ini menyajikan banyak menu makanan Indonesia dan disajikan dalam etalase bertingkat.

Makanan yang ditawarkan beragam mulai dari tempe orek, tempe bacem, tumis pare, ayam goreng, keringan teri, ikan balado, hingga kambing rica-rica. Kamu bisa memilih lauk sesukamu dan disajikan satu piring ala nasi rames dengan lauk pelengkap yaitu ikan teri goreng, sayur pare, mie goreng, dan lalapan selada.

3. Amerika

Warteg di Luar Negeri, Korea hingga ArabWarteg di Luar Negeri, Korea hingga Arab Foto: YouTube Sakti MotoAji

Banyak juga restoran yang menyajikan makanan Indonesia di Amerika. Salah satunya ada yang memiliki konsep warteg. Sayangnya nama warteg yang ada di Amerika ini tidak disebutkan.

Banyak menu makanan Indonesia yang disajikan dalam etalase panjang. Warteg yang ada di Amerika ini diunggah oleh seorang YouTuber bernama Sakti MotoAji (1/3).

Dilihat dari video yang diunggah YouTuber ini, nasi yang disajikan di warteg tersebut ada yang biasa dan uduk. Untuk lauknya ada kale gulai, sayur tahu telur, hingga tempe goreng tepung.

Warteg di Amerika ini juga menyajikan kue khas Indonesia seperti putri ayu, lapis surabaya, dan lainnya. Ada peyek kacang juga lho!

4. Belanda

Warteg di Luar Negeri, Korea hingga ArabWarteg di Luar Negeri, Korea hingga Arab Foto: YouTube & TikTok

Orang Indonesia juga banyak yang tinggal di Belanda. Beberapa supermarket di sana juga banyak yang menghadirkan produk makanan Indonesia, seperti tempe dan aneka bumbu masakan.

Tak ketinggalan di sana juga ada tempat makan yang konsepnya seperti warteg. Warteg ini dinamakan Pandora. Menu makanan Indonesia yang disajikan pun terbilang komplit.

Mulai dari telur balado, rendang, gulai ayam, daging balado, ayam kecap, sambal goreng tahu pedas, sayur lodeh, capcay, hingga urapan. Penyajian menu makanan ini juga di dalam etalase khas warteg.

5. Arab Saudi

Warteg di Luar Negeri, Korea hingga ArabWarteg di Luar Negeri, Korea hingga Arab Foto: YouTube & TikTok

Arab Saudi kerap ditinggali oleh orang Indonesia yang bekerja di sana. Tentu saja produk makanan Indonesia dan restorannya banyak tersebar. Salah satunya ada warteg di Arab Saudi.

Tempat makan ini juga diberikan nama Warung Tegal. Makanan yang disajikan pun sangatlah beragam. Menu makanan yang disajikan warteg Arab Saudi ini persis seperti yang ada di Indonesia.

Seperti mie goreng, orek tempe, rendang, hingga sayur sop. Kalau ke sini, kamu bisa memesan ala nasi rames seperti warteg asli Indonesia.

Baca Juga: Segini Lho Harga Tempe di Arab hingga Korea, Ada yang Rp 400 Ribu!



Simak Video "Kembang Kempis Napas Warteg di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com