Segini Lho Harga Tempe di Arab hingga Korea, Ada yang Rp 400 Ribu!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 14 Des 2020 18:30 WIB
Harga Tempe di Luar Negeri Foto: YouTube Indoculinaire Hunter
Jakarta -

Tempe adalah makanan populer di Indonesia yang harganya murah. Tempe juga dijual di beberapa negara lain, seperti Arab hingga Korea. Tapi apakah harganya tetap murah?

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terkenal akan manfaat sehatnya. Makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi.

Biasanya tempe diolah menjadi berbagai lauk, seperti tempe goreng, orek tempe, mendoan, dan lainnya. Ada juga yang disajikan sebagai pelengkap makanan, seperti campuran gado-gado, sayur lodeh, dan lainnya.

Tempe tentu saja populer di Indonesia. Harganya juga murah, sekitar Rp 3.000-Rp 8.000 per papan. Namun, tempe juga jadi makanan populer di beberapa negara.

Selain menyasar pasar orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, tempe jadi pilihan makanan para pelaku diet di sana. Harga tempe di luar negeri tentu saja tak semurah yang ada di Indonesia.

Yuk, intip harga tempe di 5 negara berikut ini:

1. Harga Tempe di Arab

Harga Tempe di Luar NegeriHarga Tempe di Luar Negeri Foto: YouTube Maulaa HR

Arab Saudi merupakan negara yang banyak dikunjungi orang Indonesia. Oleh karenanya, banyak produk Indonesia yang ditawarkan di sana salah satunya tempe.

Seorang YouTuber yaitu Maula yang tinggal di Uni Emirat Arab sempat membagikan momennya saat berbelanja produk makanan Indonesia. Ia mengunjungi salah satu supermarket khusus yang menjual produk makanan Indonesia.

Ia membeli beberapa produk makanan Indonesia termasuk 2 papan tempe berukuran kecil. Satu papan tempe dibanderol harga Rp 50.400. Harganya 10 kali lipat lebih mahal dari yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Belanja Pete, Jahe hingga Tempe di Arab, Harganya Bikin Melotot https://food.detik.com/info-kuliner/d-4965183/belanja-pete-jahe-hingga-tempe-di-arab-harganya-bikin-melotot

2. Harga Tempe di Korea

Harga Tempe di Luar NegeriHarga Tempe di Luar Negeri Foto: YouTube Rosakis

Orang Indonesia juga banyak yang tinggal di Korea Selatan. Untuk itu restoran dan supermarket khusus Indonesia banyak tersebar di negeri gingseng.

Orang Korea juga mulai tertarik mengonsumsi makanan khas Indonesia. Seperti YouTuber asal Korea bernama Rosakis ini. Rosakis terlihat berburu beberapa produk makanan Indonesia di salah satu supermarket.

Tempe jadi produk makanan yang sangat ia cari-cari. Ia membeli beberapa buah tempe di supermarket Indonesia. Harganya dibanderol 2.000 won (Rp 24.658) per papan berukuran sedang.

Baca Juga: Intip Harga Tempe dan Cabe Rawit di Korea, Bikin Kantong Jebol Nggak Ya?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Perpaduan Es Krim dan Tempe, Seenak Apa ya?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com