Martabak Manis & Gurih

Sumatera Surga Martabak Enak, Ada Martabak Piring hingga HAR

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 13:30 WIB
Martabak khas Sumatera Foto: Instagram martabakhar
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

4. Palembang - martabak HAR

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: Instagram martabakhar

Martabak khas Sumatera selanjutnya adalah martabak HAR di Palembang. Nama martabak ini merujuk pada perintisnya yaitu Haji Abdul Rojak (HAR) yang sudah berjualan sejak tahun 1947.

Ciri khas martabak HAR Adalah memakai kuah kari yang diadaptasi dari kari ala India. Di dalam kuah kari ini terdapat campuran kentang dan beragam rempah.

Kamu bisa pilih mau martabak berbahan telur ayam atau bebek. Lalu ada varian rasanya seperti sayuran, daging kambing, atau daging ayam. Martabak HAR disajikan bersama cuka plus taburan cabai rawit kecil.

Di Palembang, gerai martabak HAR berlokasi di Jl. R. Soekamto No 7, depan mall PTC. Banyak wisatawan sempatkan mampir untuk mencicipi martabak legendaris di sini.

Baca Juga: Review Martabak Har di Palembang, Kaesang Beri Nilai 9 Buat Martabak Sayur

5. Bangka - martabak Bangka

Martabak khas SumateraMartabak khas Sumatera Foto: dok. detikFood

Martabak khas Sumatera ini bisa dibilang yang paling terkenal. Namanya martabak bangka yang kini juga mudah ditemui di Jakarta. Pasalnya penjual martabak Bangka kerap memajang embel-embel nama 'Bangka' di spanduk mereka.

Menilik sejarahnya, konon martabak bangka diciptakan orang Hakka. Nama asli kreasi ini adalah Hok Lo Pan. Martabak ini tergolong martabak manis yang aslinya hanya diberi taburan gula pasir dan wijen. Tapi kini martabak bangka juga kerap dikreasikan ragam topping lainnya.

Dibanding martabak bandung, martabak bangka biasanya lebih tebal. Lalu teksturnya agak padat dengan serat-serat adonan lumayan terlihat.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com