7 Aneka Minuman Segar untuk Usaha, Mudah Lho Cara Buatnya

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 10:30 WIB
How to make ice coffee Foto: iStock
Jakarta -

Aneka minuman segar layak dipertimbangkan sebagai pilihan membuka usaha karena peluang untuk meraih keuntungan terbuka cukup lebar. Pilihannya bisa dari minuman sehat hingga minuman manis dengan paduan boba yang kenyal.


Untuk memulai usaha kuliner, sebenarnya tak perlu dengan modal besar. Jika memiliki modal yang tak banyak, kamu bisa mulai mencoba menjual aneka minuman segar di dalam kemasan botol plastik.

Selain kopi susu, kamu juga bisa membuat chocolate signature hingga cereal milk yang sedang populer. Dinikmati dingin-dingin, tentunya minuman ini akan jadi kesukaan penggemar usaha kamu.

Berikut beberapa ide aneka minuman segar untuk usaha:

1. Boba Brown Sugar

boba brown sugarboba brown sugar Foto: istimewa

Minuman boba hingga kini masih digemari. Hanya saja kamu perlu memiliki paduan yang pas dalam memilih boba. Boba yang disukai adalah boba dengan tekstur kenyal namun lembut.

Boba milk tea bisa dijual dalam kemasan botol ataupun gelas yang sudah ditutup. Ini salah satu resep boba brown sugar yang bisa kamu coba di rumah. Klik di sini untuk lihat resepnya.

2. Thai Tea

ICHITAN Thai Green Milk TeaICHITAN Thai Green Milk Tea Foto: dok.detikFood/Istimewa

Minuman asal Thailand yang dibuat dengan teh, susu dan gula ini juga masih banyak penggemarnya. Meskipun memiliki tekstur yang creamy, thai tea juga menyegarkan. Hanya dengan beberapa bahan saja, kamu bisa menghasilkan sajian thai tea yang nikmat.

Salah satu bahannya adalah teh Thailand bubuk, susu kental manis, susu evaporasi dan cincau hitam. Yuk, lihat resepnya di sini.

3. Susu Kurma

Cara Membuat Susu KurmaCara Membuat Susu Kurma Foto: iStock

Susu kurma merupakan sajian minuman sehat yang terbuat dari susu sapi dan kurma segar yang dihaluskan.

Susu merupakan bahan makanan kaya nutrisi. Memberi asupan lemak, protein dan sejumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena nutrisinya sangat lengkap maka susu dianjurkan untuk dikonsumsi rutin oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Jualan sehat dan enak? Coba saja bikin susu kurma. Selain baik untuk anak-anak, susu kurma juga sangat cocok dinikmati ibu menyusui lho. Resep susu kurma bisa dilihat di sini.

4. Cereal Milk

Morning meal, Colorful cereal with milk in white bowlMorning meal, Colorful cereal with milk in white bowl Foto: iStock

Cereal milk atau susu sereal ialah makanan yang dibuat dengan merendam sereal dengan susu sehingga di dalam susu terkandung rasa sereal yang enak. Rasa dari susu sereal juga mengingatkan kita tentang menu sarapan di waktu kecil, yaitu semangkuk sereal yang direndam susu.

Bahan yang digunakan untuk membuat susu sereal adalah cornflakes, susu dingin, brown sugar, dan garam. Pertama, sereal harus dipanggang dalam oven selama sekitar 15 menit sampai agak gosong lalu dinginkan.

Taruh cornflakes dalam gelas besar lalu tuang susu dan aduk dengan kuat. Biarkan campuran ini selama 20 menit di suhu ruang. Selanjutnya, saring campuran ini hingga mendapat susu sereal yang bersih.

Terakhir, tambahkan brown sugar dan garam ke dalam susu sampai larut sempurna. Simpan susu sereal ini dalam kulkas hingga seharian.

5. Chocolate

Es Cokelat Literan EnakEs Cokelat Literan Enak Foto: Instagram

Minuman chocolate tidak hanya enak tetapi juga cocok dinikmati saat santai bersama camilan. Minuman cokelat bisa dibuat dari bubuk cokelat atau dicampurkan dengan selai nutella hingga ovomaltine. Ini resep minuman cokelat yang bisa dicoba.

6. Jamu

Kencur Rice is one of the traditional beverages Indonesia (Java). This drink is also classified as an herb because it has many benefits and is very popular in Indonesia with a fresh sweet taste and can be used as a daily beverage.Kencur Rice is one of the traditional beverages Indonesia (Java). This drink is also classified as an herb because it has many benefits and is very popular in Indonesia with a fresh sweet taste and can be used as a daily beverage. Foto: Getty Images/iStockphoto/harwan

Di masa pandemi seperti ini usaha minuman jamu ternyata cukup menjanjikan. Kamu bisa menjual jamu kunyit asem, beras kencur hingga empon-empon. Semua jamu ini bisa dijual dengan sistem pre order sehingga kamu akan membuat setelah calon pembeli memesan sehingga tahu berapa kira-kira porsi yang akan dibuat jadi tak bersisa.

Salah satu resepnya bisa dilihat di sini.

7. Kopi Susu

es kopi susu di bekasies kopi susu di bekasi Foto: instagram

Kini banyak orang yang gemar menikmati kopi susu. Ternyata kopi susu ini mudah lho untuk dibuat di rumah dan bisa dijadikan sebagai ide usaha minuman. Hanya dengan beberapa bahan, kopi susu yang manis dan creamy bisa dinikmati. Yuk, intip resepnya di sini.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)